Jakartakita.com
Berita Jakarta, Info Jakarta Terkini, Berita Nasional, Bisnis Jakarta

Pelihara Kucing Picu Skizofrenia?

0

Kucing PeliharaanJakartakita.com – Tidak sedikit orang yang menyukai makhluk lucu berbulu ini. Bahkan sejumlah riset menyebutkan kalau memelihara kucing dapat mengurangi stres dan memperbaiki suasana hati. Namun, tahukah Anda kalau di balik tingkah polahnya yang menggemaskan, kucing peliharaan juga dapat menyebabkan gangguan kecemasan, skizofrenia, dan gangguan otak lainnya.

Loh kok bisa?

Kucing peliharaan dapat menularkan parasit Toksoplasma gondii. Parasit inilah yang dapat menyebabkan gangguan kecemasan, termasuk meningkatkan risiko skizofrenia dan gangguan belajar pada anak-anak.

Seperti dilansir dari Daily Mail, seorang peneliti dari Universitas Michigan  mengambil sampel darah dari 450 orang dewasa  yang diperiksa antibodi terhadap tokso.

Peneliti kemudian meneliti para peserta yang telah didiagnosis gangguan cemas umum.  Dalam penelitian yang diterbitkan di Jurnal Brain, Behaviour and Immunity ini, orang-orang yang terinfeksi parasit toksoplasma, dua kali lebih berisiko terkena gangguan cemas.

Gejala terkena infeksi tokso dapat dilihat dengan adanya  detak jantung berdegup kencang, sesak napas, hingga rasa takut secara mendadak. Parasit tersebut diduga menyerang bagian otak manusia.

Menurut penelitian, toksoplasma dapat mengganggu keseimbangan kimia yang normal di dalam otak manusia. Parasit juga dapat memicu aktivitas berlebih di amigdala, yaitu bagian otak yang berkaitan dengan kecemasan manusia.

Toksoplasma merupakan parasit yang bisa ditemukan pada kotoran kucing. Pada ibu hamil, toksoplasma bisa berdampak buruk bagi kesehatan janin. Pada dasarnya hampir 90 persen orang yang terinfeksi virus tokso tidak memiliki gejala. Virus ini akan bersembunyi di dalam tubuh dan dapat aktif kembali saat kekebalan tubuh seseorang sangat rendah.

Namun tentu saja penelitian tersebut bukan berarti Anda tidak boleh memelihara binatang lucu ini. Yang paling penting adalah Anda harus menjaga kebersihan kucing peliharaan Anda. Jangan lupa untuk selalu mencuci tangan setelah bermain-main dengan kucing peliharaan Anda!



Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tinggalkan komen

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More