Take a fresh look at your lifestyle.

Wow, Penghasilan Penipu SMS “Mama Minta Pulsa” Rp 5 Juta per Hari

0 866

SMS Spam Mama Minta PulsaJakartakita.com – Tim Jatanras Ditreskrimum Polda Metro Jaya menangkap sindikat penipuan melalui SMS bermodus mama minta pulsa. Polisi juga meringkus bos sindikat penipuan itu bernama Effendi alias Lekkeng alias Kenz (36) saat melintas di Jalan Trans Sulawesi, Malili, Sulawesi Selatan.

Dalam aksinya, para pelaku menyebarkan SMS yang isinya seolah-olah si penerima SMS mendapatkan undian berhadiah dari salah satu bank. Korban yang tergiur dan terpancing untuk menghubungi nomor telepon yang dicantumkan pada SMS tersebut akan dipandu ke ATM yang ujungnya malah mentransfer uang ke rekening tersangka.

Cara Effendi mengorganisasi rekan-rekannya cukup rapi. Ia membentuk tiga kelompok yang masing-masing memiliki peran berbeda. Satu kelompok bertugas mengirimkan SMS dan satu lagi mendata nomor-nomor yang dijadikan target. Kelompok terakhir bertugas menjawab telepon jika ada korban yang menghubungi balik dan mengambil uang hasil penipuan.

Related Posts
1 daripada 4,929

Effendi menjelaskan, pengiriman SMS tidak dilakukan secara manual, melainkan menggunakan aplikasi SMS Caster. Aplikasi SMS Caster dan modem berguna untuk mengirimkan ribuan SMS dalam satu kali pengiriman. Pesan pendek yang dikirim berisi kalimat-kalimat untuk menjebak korban.

Effendi mengaku berhasil meraup uang Rp 3 hingga 7 juta per hari dari kejahatannya itu atau rata-rata Rp 5 juta per hari. Namun uang tersebut dibagi dengan beberapa anak buahnya yang turut membantu bisnis haram ini.

Uang sebesar itu biasa didapatkan dari sekitar 4 sampai 5 korbannya. Korban rata-rata merupakan masyarakat yang kurang update informasi. Umumnya korban adalah orang yang mudah panik ketika mendengar kabar keluarganya celaka, maupun orang yang mudah tergiur dengan iming-iming hadiah fantastis.

Tinggalkan komen