Take a fresh look at your lifestyle.

Tips Bumbu ‘Blender’ Seenak Diulek

0 1,230
foto: istimewa
foto: istimewa

Jakartakita.com – Berbeda dengan kuliner barat, kuliner Asia khususnya Indonesia membutuhkan bumbu yang tidak sedikit. Bumbu tersebut harus dihaluskan dan dicampur sedemikian rupa agar citarasanya ‘keluar’ dan membuat masakan menjadi semakin lezat.

Idealnya menghaluskan bumbu untuk kuliner khas Indonesia memang diulek. Namun sayangnya, seringkali kita tak punya cukup waktu untuk mengulek bumbu. Maka memblender bumbu pun jadi pilihan praktis dalam menghaluskan bumbu.

Ada anggapan bumbu yang dihaluskan dengan blender memiliki rasa yang kurang nikmat ketimbang diulek. Anggapan itu tak salah, tapi juga tak sepenuhnya benar. Ada trik bagaimana agar bumbu blender pun bisa membuat cita rasa masakan lezat.

Related Posts
1 daripada 225

Chef Widhi Joestiarto dalam acara Jakarta Food Editor ‘s Club bertema Menggali Identitas Kekayaan Kuliner Indonesia Melalui Pengolahan Bumbu Dasar & Teknik Memasak, di Jakarta, Kamis (19/11/2015) pekan lalu mengakui, bumbu yang diblender memang tak memiliki rasa, aroma maupun tekstur selezat bumbu yang diulek dengan ulekan batu. Siasatnya, tumis dulu bumbu-bumbu mentah seperti bawang merah, bawang putih, cabai dan yang lainnya.

“Dengan ditumis atau digoreng terlebih dahulu, ini akan membuat aroma dari masing-masing bumbu tadi keluar, lebih harum,” kata Chef Widhi

Dengan proses pemanasan tersebut, lanjut Chef Widhi, bumbu-bumbu tersebut juga akan mengeluarkan jus atau air dengan sendirinya. Ini yang terjadi ketika bumbu diulek atau ditumbuk dengan batu sebagai ulekan.

Bagaimana kalau tidak sempat menumis? Tambahkan saja sedikit minyak gorong saat menghaluskan bumbu dengan blender. Selain bumbu jadi lebih cepat halus, menambah rasa dan mengawetkan bumbu halus.

Tinggalkan komen