Jakartakita.com
Berita Jakarta, Info Jakarta Terkini, Berita Nasional, Bisnis Jakarta

Awas, Bercanda Bilang Bawa Bom Bisa Dibui!

0 667

Tiket Pesawat Murah Airy

ilustrasi bom rakitanJakartakita.com – Jangan asal bercanda bilang bawa bom di pesawat kalau tidak ingin dibui! Hal tersebut seperti disampaikan oleh Menteri Perhubungan (Menhub) Ignasius Jonan kepada wartawan di Makasar, Sabtu (16/1/2016).

Jonan menegaskan, bagi siapapun yang bercanda mengaku membawa bom di bandara, akan diproses hukum.  Pasalnya, orang yang bersangkutan telah memberikan informasi tidak benar dan hal ini melanggar Undang-undang Nomor 1 tahun 2009 tentang Penerbangan.

Untuk diketahui, UU Penerbangan telah mengatur sanksi bagi pemberian informasi palsu. Dalam pasal 437 ayat (1) disebutkan :

Artikel Terkait
1 daripada 18

Setiap orang menyampaikan informasi palsu yang membahayakan keselamatan penerbangan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 344 huruf e dipidana dengan pidana penjara paling lama 1 (satu) tahun.

Apabila informasi tidak benar itu sampai mengakibatkan kecelakaan atau kerugian harta benda, maka pelaku yang menyebarkan informasi tidak benar terancam hukuman pidana penjara paling lama 8 tahun. Hal tersebut diatur pada pasal 437 ayat (2).

Sementara itu, ayat (3) pasal tersebut berbunyi, “Dalam hal tindak pidana sebagaimana dimaksud pada ayat (1) mengakibatkan matinya orang, dipidana dengan pidana penjara paling lama 15 (lima belas) tahun.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tinggalkan komen

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Open chat
1
Hello can we help you?