Jakartakita.com
Berita Jakarta, Info Jakarta Terkini, Berita Nasional, Bisnis Jakarta

e-KTP Berlaku Seumur Hidup!

1 709

Tiket Pesawat Murah Airy

e-ktp
foto: istimewa

Jakartakita.com – Perlukah memperpanjang kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP)?

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil DKI Jakarta Edison Sianturi kepada wartawan, Selasa (26/1/2016) mengatakan para pemegang kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) tak perlu memperpanjang kartu identitasnya. Pasalnya, e-KTP berlaku seumur hidup.

Pembaruan e-KTP hanya diperlukan jika ada perubahan data pemegangnya, misalnya berganti nama, alamat, dan lainnya.

Artikel Terkait
1 daripada 4

Hal tersebut juga tercantum dalam Pasal 64 ayat 7 huruf a Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2013 tentang Kartu Tanda Penduduk. Di dalam aturan tersebut tertulis KTP elektronik berlaku seumur hidup selama tak ada perubahan data.

Walau begitu, masih ada e-KTP yang mencantumkan tenggat waktu masa berlaku. Edison pun menganjurkan agar masyarakat mengabaikannya.

Berdasarkan data Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil DKI Jakarta, masih ada sekitar 200 ribu dari 7,1 juta warga Ibu Kota yang wajib KTP tapi belum melakukan perekaman KTP elektronik. Dari 6,9 juta jiwa yang sudah melakukan perekaman data secara elektronik, Edison mengatakan 6,4 juta orang di antaranya sudah memegang e-KTP. Sisanya, sekitar 500 ribu orang, masih menunggu KTP elektroniknya jadi.

Itu berarti Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil masih harus mencetak 700 ribu e-KTP warga Jakarta. Agar mencapai target, pemerintah akan menambah jumlah mesin perekaman dan pencetakan dengan cara mendatangkan 225 mesin perekam dan pencetak e-KTP baru pada April mendatang. Saat ini Dinas baru memiliki 45 mesin perekam dan pencetak KTP elektronik.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tunjukkan Komen (1)

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More