Jakartakita.com
Berita Jakarta, Info Jakarta Terkini, Berita Nasional, Bisnis Jakarta

Siapa Bilang Tubuh Kurus Bebas Kolesterol?

0 726

Tiket Pesawat Murah Airy

kolesterol naik
foto: istimewa

Jakartakita.com – Siapa bilang orang kurus bebas kolesterol?

Artikel Terkait
1 daripada 9

Kadar Kolesterol yang tinggi memang lebih banyak ditemukan pada mereka yang berat badannya berlebih. Tetapi, tak sedikit orang  kurus, yang punya masalah dengan kolesterol.

Mereka yang bertubuh kurus bisa memiliki kadar kolesterol tinggi akibat pengaruh lifestyle. Umumnya penderita kolesterol tinggi dalam tubuh kurus ini punya kebiasaan merokok, minum minuman beralkohol dan anoreksia.

Menurut penjelasan Prof.Dr. Budhi Setianto Purwowiyoto, Sp.JP (K),Kolesterol tinggi merupakan hasil dari pola makan yang tidak sehat, seperti tinggi lemak jenuh. “Kolesterol tinggi ini bisa terjadi akibat konsumsi makanan berlemak, gorengan, dan daging merah,” katanya dalam temu media di Yayasan jantung Indonesia, Jakarta (26/1/16).

Selain pola makan, menurut Budhi gangguan metabolime tubuh juga bisa menyebabkan produksi Kolesterol berlebih.

Mengurangi asupan lemak jenuh adalah kiat menurunkan Kolesterol tinggi yang paling efektif. Selain itu, kurangi juga makanan yang mengandung Kolesterol, misalnya daging jeroan, serta cake yang biasanya dibuat dengan jumlah telur yang banyak.

Disarankan agar mereka yang gemuk berusaha mengurangi 5-10% bobot tubuh untuk menghindari gangguan kolesterol ini. Selain itu, olahraga, mengatur pola makan juga sangat menentukan kandungan kolesterol tersebut.

Untuk mereka yang bertubuh kurus, tidak diwajibkan menurunkan berat badan tetapi tetap menjaga dan mengontrol asupan makanan serta berolahraga agar kadar kolesterol dalam tubuh tetap seimbang.

Tak harus berolahraga lama setiap harinya, 20-30 menit saja secara rutin akan membantu menyeimbangkan jumlah kolesterol. Selain itu disarankan agar mengurangi menu makanan yang dimasak dengan cara digoreng.

Jangan ragu pula untuk mengontrol diri ke dokter, terutama jika problem kolesterol Anda sulit dikendalikan dan terlalu tinggi jumlahnya.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tinggalkan komen

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Open chat
1
Hello can we help you?