Take a fresh look at your lifestyle.

Jangan Lupa Tanyakan 5 Hal Ini Saat Wawancara Kerja!

0 760
foto: istimewa
foto: istimewa

Jakartakita.com – Wawancara kerja adalah kesempatan pertama Anda bisa bertatap muka dengan calon bos Anda di tempat baru. Makanya tak heran kalau sesi wawancara kerja menjadi momok yang menakutkan bagi sebagian orang. Akibatnya tidak sedikit pelamar kerja yang ‘keok’ pada tahap ini sebelum sempat menjajal tahapan tes lainnya.

Salah satu kesalahan terbesar pelamar saat sesi wawancara kerja adalah ‘grogi’. Akibat terlalu grogi akhirnya mereka cenderung pasif.

Padahal,  wawancara kerja merupakan proses komunikasi dua arah. Untuk itu, bukan hanya pewawancara yang berhak menanyakan Anda berbagai pertanyaan. Anda pun memiliki hak yang sama untuk mengajukan pertanyaan apabila ada beberapa hal yang kurang Anda mengerti.

Selain itu, pertanyaan ini juga dapat memberikan sinyal baik bagi perusahaan bahwa Anda sebenarnya memiliki minat yang tinggi pada jabatan tersebut.

Pertanyaan apa sajakah yang harus Anda tanyakan saat wawancara? Berikut ulasannya seperti dilansir dari laman Business Insider:

1. Bagaimana kesempatan karir yang ditawarkan dalam jabatan ini?

Pertanyaan ini dapat memberitahu Anda bagaimana prospek jabatan tersebut dalam beberapa waktu ke depan. Apakah nantinya Anda mampu untuk menapaki tangga karier yang baik atau hanya mandek di posisi itu-itu saja.

Related Posts
1 daripada 261

2. Selain hard skill, soft skill apa yang harus saya miliki agar mampu memberikan kontribusi besar bagi perusahaan?

Mengetahui soft kill apa yang harus Anda miliki terlebih dahulu merupakan nilai plus tersendiri. Dengan mengetahui hal ini, Anda pun nantinya dapat mengira-ngira bagaimana sifat pegawai yang ada di tempat kerja tersebut dan apakah Anda mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan yang ditawarkan.

3. Permasalahan apa yang sedang dihadapi dan Apa yang dilakukan departemen Anda dalam menanggulanginya?

Pertanyaan ini mungkin jarang sekali ditanyakan. Tapi nantinya hal ini dapat memberitahu Anda mengenai kondisi calon tempat Anda bekerja.

4. Cara apa yang dapat saya lakukan untuk membantu tim saya nanti bekerja professional?

Dengan menanyakan hal ini Anda dapat member sinyal bahwa Anda merupakan seorang pekerja keras dan bersedia untuk kerja bersama dengan tim. Hal ini merupakan hal yang sangat penting terutama bagi pekerjaan yang mengharuskan Anda untuk mencapai target tertentu.

5. Bagaimana evaluasi pekerjaan biasanya dilakukan?

Mengetahui bagaimana cara perusahaan tersebut dalam menilai keberhasilan pegawainya sangatlah penting. Hal ini dapat membantu Anda untuk mengetahui langkah apa saja yang harus Anda ambil agar mampu mendapatkan karier yang baik di perusahaan tersebut.

Nah, selamat mencoba!

Tinggalkan komen