Jakartakita.com
Berita Jakarta, Info Jakarta Terkini, Berita Nasional, Bisnis Jakarta

Mitsui-Bussan Buka Lowongan Kuliah Gratis di Jepang untuk Pelajar Indonesia

0 522

Tiket Pesawat Murah Airy

foto: istimewa
foto: istimewa

Jakartakita.com – Bisa kuliah di luar negeri bisa dibilang merupakan impian semua orang. Namun, besarnya biaya yang harus dikeluarkan untuk bisa berkuliah di luar negeri membuat sebagian besar orang terpaksa mengubur dalam-dalam impian tersebut.

Apakah Anda bermimpi untuk melanjutkan sekolah di Jepang dengan beasiswa? Jika ya, maka ini saatnya mengadu peruntungan Anda untuk meraih beasiswa dari Mitsui-Bussan.

Tahun ini, Mitsui-Bussan kembali membuka kesempatan beasiswa penuh bagi lulusan SMA/sederajat untuk bisa berkuliah di Jepang. Lulusan SMA/sederajat dari lulusan apa pun bisa mendaftar selama usia mereka di bawah 20 tahun per 1 April. Jika lulus seleksi, penerima beasiswa juga tidak boleh menikah hingga selesai masa studi.

Syaratnya, pelamar harus memiliki nilai rapor yang baik selama sekolah. Syarat nilai rata-rata minimal 70 berlaku untuk mata pelajaran matematika, fisika, kimia dan bahasa Inggris bagi lulusan jurusan IPA. Sedangkan bagi lulusan jurusan IPS, syarat tersebut berlaku untuk mata pelajaran matematika, ekonomi, geografi dan bahasa Inggris. Pelamar juga biasanya akan diminta menyertakan data nilai ujian nasional (UN) dan surat rekomendasi sekolah.

Beasiswa ini terbuka untuk berbagai program studi, baik di bidang sains dan teknik maupun sosiohumaniora. Namun, pelamar harus bersedia belajar bahasa Jepang dan menjalani perkuliahan dalam bahasa tersebut. Karena itu, durasi pemberian beasiswa adalah 5,5 tahun, yaitu empat tahun masa studi dan 1,5 tahun belajar bahasa Jepang.

Jika lolos seleksi, penerima beasiswa berhak atas uang 145 ribu yen sebagai tunjangan biaya hidup bulanan. Penerima beasiswa juga akan mendapat biaya kepindahan 50 ribu yen saat baru pertama kali datang ke Jepang. Donor juga akan menanggung tiket pesawat dari Indonesia ke Jepang saat memulai studi dan dari Jepang ke Indonesia setelah studi rampung.

Biaya lain yang akan ditanggung donor adalah uang kuliah, akomodasi, transportasi sehari-hari serta biaya lain penunjang perkuliahan. Fasilitas tambahan yang akan didapat penerima beasiswa adalah asuransi kesehatan.

Pendaftaran program dilakukan secara online dan melalui pos. Periode pendaftaran dibuka pada 1 Februari hingga 4 Maret. Jangan lupa untuk mengirimkan berkas lamaran setelah melengkapi pendaftaran online, ya!

Informasi lengkap bisa disimak di laman Mitsui Bussan Scholarship Program for Indonesia.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tinggalkan komen

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Open chat
1
Hello can we help you?