Jakartakita.com
Berita Jakarta, Info Jakarta Terkini, Berita Nasional, Bisnis Jakarta

Mahkamah Agung Cabut Merek Dagang IKEA di Indonesia

0 799

Tiket Pesawat Murah Airy

Toko IKEA Home Furnishing
foto: istimewa

Jakartakita.com –  Raksasa furnitur asal Swedia, IKEA System B.V., kehilangan merek dagangnya, IKEA, di Indonesia. Pasalnya, Mahkamah Agung (MA) di Indonesia menolak kasasi IKEA dan memenangkan PT Ratania Khatulistiwa sebagai pemegang resmi merek IKEA.

Ratania Khatulistiwa sendiri mendaftarkan merek IKEA sejak 2010. Nama tersebut merupakan singkatan dari Intan Khatulistiwa Esa Abadi, yang mengacu pada industri rotan.

Putusan MA itu dibuat pada Mei tahun lalu, tetapi baru diketahui publik pada Kamis (4/2/2016) melalui publikasi secara online, seperti dikutip Associated Press yang dilansir MailOnline.

Vonis tersebut menyatakan IKEA, yang terdaftar sebagai merek dagang di Indonesia pada 2010, tidak aktif digunakan sebagai merek dagang dalam tiga tahun berturut-turut untuk tujuan komersial dan dapat dihapus di bawah hukum merek dagang di Indonesia.

Sementara gerai IKEA di Indonesia baru dibuka di dekat Jakarta, pada akhir tahun 2014.

Artikel Terkait
1 daripada 12

Juru bicara MA Suhadi, yang hanya menggunakan satu nama, mengatakan pada Jumat (5/2/2016) bahwa putusan itu tidak bulat. Salah satu anggota panel dari tiga hakim menyatakan berbeda pendapat bahwa hukum merek dagang tidak dapat diterapkan untuk perusahaan sebesar IKEA dan jauh lebih besar dari perusahaan penggugatnya, Ratania.

Pimpinan di Ratania, yang berada di kota kedua terbesar di Indonesia, Surabaya, menolak berkomentar. Inter IKEA Sistem B.V., sebagai pemegang hak franchise IKEA di seluruh dunia, kata pengacaranya yang mendapat keterangan tentang vonis tersebut pada Kamis dan masih mempelajari vonis tersebut. Namun dia mengaku masih berharap bahwa kegiatan bisnis IKEA akan dapat berlanjut di Indonesia tanpa gangguan.

Perusahaan Indonesia membawa kasus tersebut ke Pengadilan Negeri Jakarta Pusat pada pertengahan 2014, ketika toko IKEA pertama di Indonesia masih dibangun.

Pada September 2014, keputusan pengadilan memenangkan Ratania dan memerintahkan IKEA untuk tidak menggunakan nama mereknya tersebut. IKEA kemudian mengajukan kasasi pada 2015.

Sebagai informasi, IKEA (Swedia) merupakan singkatan dari nama dan asal pendirinya, Ingvar Kamprad and the farm Elmtaryd and village Agunnaryd.

Saat ini toko IKEA buka di berbagai negara di dunia di bawah sistem franchise. Pada 1980-an, IKEA Group dimiliki oleh lembaga yang bermarkas di Belanda.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tinggalkan komen

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Open chat
1
Hello can we help you?