Take a fresh look at your lifestyle.

Yuk, Putihkan Ketiak dengan Baking Soda!

0 1,075
foto: istimewa
foto: istimewa

Jakartakita.com – Ketiak yang menghitam memang bikin ‘gak pede’ kalau harus memakai tanktop. Makanya tak heran banyak wanita yang rela merogoh kocek dalam-dalam demi mendapatkan produk kecantikan yang bisa mengurangi warna gelap pada ketiak.

Sebenarnya Anda tidak perlu buang uang banyak untuk memutihkan kulit ketiak. Karena  bubuk ajaib yang sering ada di dapur Anda ini ternyata solusinya.

Baking soda atau soda kue, secara kimiawi disebut natrium bikarbonat. Baking soda termasuk kelompok garam yang larut dalam air. Baking soda digunakan dalam pembuatan roti atau kue karena bereaksi dengan bahan lain dan membentuk gas karbon dioksida yang menyebabkan roti mengembang. Selain itu, Baking soda juga digunakan sebagai obat antasid (penyakit maag atau tukak lambung). Karena bersifat alkaloid (basa), senyawa ini juga digunakan sebagai obat penetral asam bagi penderita asidosis tubulus renalis (ATR) atau rhenal tubular acidosis (RTA).

Selain itu, Baking soda juga dapat dimanfaatkan untuk menurunkan kadar asam urat. Di dunia kecantikan, baking soda kerap digunakan sebagai pemutih kulit dan gigi.

Related Posts
1 daripada 235

Berikut adalah cara memutihkan ketiak secara alami dengan baking soda.

Cara 1.

  1. Siapkan baking soda
  2. Campurkan 1 sendok teh baking soda dengan air secukupnya. Campur keduanya sampai berbentuk scrub, jangan terlalu encer.
  3. Oleskan campuran tersebut 2x sehari setelah mandi. Diamkan selama 10 menit, kemudian bilas dengan air bersih. Dengan mengoleskan baking soda, sel kulit mati pada ketiak akan terangkat dan menjadikan ketiak lebih putih. Selain memutihkan kulit ketiak, baking soda dapat mengurangi bau badan tak sedap.
  4. Lakukan cara tersebut secara rutin sampai kulit ketiak menjadi putih. Apabila kulit ketiak sudah putih, hentikan pemakaian karena pemakaian baking soda yang berlebihan akan membuat kulit teriritasi.

Cara 2.

  1. Siapkan baking soda
  2. Siapkan 1 jeruk lemon atau jeruk nipis
  3. Peraslah jeruk lemon atau jeruk nipis, kemudian campurkan dengan 1 sendok teh baking soda. Perpaduan vitamin C yang terkandung pada jeruk lemon atau jeruk nipis dengan baking soda memberikan efek mengangkat kulit mati serta memutihkan kulit ketiak.
  4. Oleskan campuran bahan tersebut pada ketiak, diamkan selama 15 menit hingga setengah kering.
  5. Gosok ketiak anda sampai butiran baking soda dan jeruk lemon/jeruk nipis bercampur dengan kotoran ketiak. Kotoran ketiak tersebut sesungguhnya adalah sel kulit mati. Dengan menggosok campuran bahan tersebut, sel kulit akan terkelupas dan vitamin C pada jeruk lemon/nipis akan menutrisi kulit ketiak anda.
  6. Bilas dengan air bersih.
  7. Lakukan cara tersebut secara rutin sampai kulit ketiak menjadi putih. Apabila kulit ketiak sudah putih, hentikan pemakaian karena pemakaian baking soda yang berlebihan akan membuat kulit teriritasi.
Tinggalkan komen