Take a fresh look at your lifestyle.

Long Weekend, Waspadai Titik Kemacetan Ini!

0 819
foto: istimewa
foto: istimewa

Jakartakita.com –  Anda berencana untuk mempergunakan long weekend Paskah besok untuk liburan di luar kota? Siapkan mental Anda untuk menghadapi kemacetan. Pasalnya, PT Jasa Marga cabang Jakarta-Cikampek memperkirakan ada lonjakan kendaraan pada saat libur panjang akhir pekan ini. Pengelola memprediksi volume kendaraan meningkat hingga 22,88 persen dibanding hari biasa.

Juru bicara PT Jasa Marga cabang Jakarta-Cikampek, Iwan Abrianto, Rabu (23/3/2016) mengatakan kepada wartawan bahwa  volume kendaraan pada puncak arus mudik atau sehari sebelum libur Paskah pada Jumat (25/3/2016) diperkirakan mencapai 99.064. Jumlah tersebut meningkat dibanding hari biasa sebanyak 80.621 kendaraan.

Sebagai tindakan antisipatif, pihak Jasa Marga akan menempatkan petugas di titik rawan kemacetan. Misalnya, di pertemuan antara tol Jakarta Outer Ring Road dan Tol Dalam Kota di Cikunir, sejumlah rest area mulai di kilometer 19, 33, 39, dan 62, serta gerbang tol cikarang utama.

Related Posts
1 daripada 5,009

Pihak Jasa Marga juga sudah menyiapkan skenario pengaturan lalu lintas apabila terjadi kemacetan di Cikunir. Yakni buka-tutup untuk lalu lintas dari arah Rorotan yang akan menuju Cikampek, dengan prioritas utama lalu lintas dari arah Cawang dan Jatiasih yang akan menuju Cikampek.

Selain itu, kata dia, akan dilakukan pengalihan arus lalu lintas di Ramp 3 Cikunir melalui gerbang Tol Kalimalang 2 jika antrian telah mencapai kilometer 40 (Jatiasih) Ruas JORR, kilometer 2 (Halim) ruas Jakarta-Cikampek dan kilometer 3 (Pancoran) Ruas Dalam Kota. Serta berkoordinasi dengan pihak terkait untuk melancarkan arus lalu lintas di sepanjang Tol Jakarta-Cikampek.

Adapun, kemacetan di titik peristirahatan, petugas akan melakukan buka tutup jika penuh. Selain itu, bila kondisi kemacetan cukup parah, petugas juga bakal melakukan sistem lawan arah atau contra flow. Sementara di gardu transaksi, petugas akan melakukan sistem jemput bola bila terjadi antrean panjang maksimal 2 kilometer.

Pastikan Anda mengisi penuh bahan bakar kendaraan Anda sebelum melewati titik rawan macet tersebut!

Tinggalkan komen