Jakartakita.com
Berita Jakarta, Info Jakarta Terkini, Berita Nasional, Bisnis Jakarta

8 April, Peletakan Batu Pertama Pembangunan Semanggi Interchange

0 743

Tiket Pesawat Murah Airy

jembatan semanggiJakartakita.com – Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mengatakan pembangunan Semanggi Interchange atau penambahan ruas jalan layang di Jembatan Semanggi akan dimulai pada 8 April untuk groundbreaking atau peletakan batu pertamanya.

“Tanggal 8 April, Jumat pekan depan akan groundbreaking. Juli atau Agustus 2017 selesai, pokoknya sebelum akhir 2017 selesai. Swasta yang bangun,” kata Ahok di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (31/3/2016).

Pembangunan proyek tersebut diserahkan kepada swasta yakni Mori Compan yang merupakan kewajiban dari perusahaan asal Jepang yang mengajukan kenaikan Koefisien Luas Bangunan (KLB). Sementara itu, PT Wijaya Karya (Wika) sebagai yang memenangi tender untuk mengerjakan penambahan jalan layang semanggi.

Ahok menambahkan, pembangunan jalan layang Semanggi ini merupakan pemasangan beton pracetak atau precast pertama di Indonesia. Karena memasang precast yang membentang sepanjang 80 meter. Di Hongkong precast tersebut dibangun membentang di atas laut.

Artikel Terkait
1 daripada 17

“Ini sejarah sipil pertama Indonesia yang memasang precast membentang sepanjang 80 meter di atas Semanggi. Jadi ini pertama kali sejarah Semanggi kita konstruksi sipil gitu, luar biasa,” tandasnya.

“Ini akan mengurai banyak kemacetan pada malam hari. Anggarannya dulu kami hitung-hitung sekitar Rp 500 miliar, tapi ternyata pas lelang anggarannya hanya Rp 200 miliar. Sisa uangnya mau buat kami bangun ducting di Sudirman-Thamrin,” kata Ahok.

Nantinya jalan layang ini akan menghubungkan kawasan Jalan Sudirman dari arah Senayan ke Jalan Gatot Subroto yang mengarah ke Cawang, serta Jalan Gatot Subroto yang mengarah dari Grogol menuju ke Kebayoran Baru.

Ahok juga telah meminta kepada Presiden Joko Widodo untuk meresmikan jika pembangunan sudah selesai tahun 2017 mendatang. (Agivonia Vidyandini)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tinggalkan komen

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Open chat
1
Hello can we help you?