Jakartakita.com
Berita Jakarta, Info Jakarta Terkini, Berita Nasional, Bisnis Jakarta

Kontroversi Ulang Tahun Kota Depok

0 1,098

Tiket Pesawat Murah Airy

foto: istimewa
foto: istimewa

Jakartakita.com – Kota Depok yang memiliki sejarah yang patut diacung jempol ini, tidak lepas dari adanya kontroversi didalamnya. Kontroversi yang sampai sekarang masih ada yaitu penepatan tanggal ulang tahun Kota Depok ini. Masyarakat luas biasa merayakan ulang tahun kota ini setiap 26 April, dan pada tahun 2016 ini akan berumur ke 18 tahun.

Artikel Terkait
1 daripada 2

Tetapi bagi para keturunan asli Depok menuturkan adanya kekeliruan dalam penganggalan itu. Menurut Suzana Leander, seorang keturunan budak Cornelis Chastelein, “tidak ada kejelasan pada penanggalan ulang tahun kota depok ini, kalau kami para keturunannya selalu merayakan ulang tahun Depok setiap 28 Juni. 28 Juni dihitung dari tanggal meninggalnya sang Cornelis Chastelein yang berperan penting dalam berdirinya Depok. Karena sebelum Cornelis Chastelein meninggal, beliau membuat surat wasiat tentang pemberian lahan-lahan di Depok, dan surat tersebut menjadi sah setelah beliau meninggal, maka tanggal beliau meninggal itu lah kami menentukan hari jadi kota Depok. Belum ada kejelasan mengapa pemerintah Depok memilih tnggal 26 April, apa karena saat resmi menjadi kotamadya tapi belum jelas.”

Dibalik itu semua, para keturunan tetap merayakan hari lahir Kota Depok setiap 28 Juni dan pada 2016 ini menginjak yang ke 302 tahun, dihitung dari hari kematian Cornelis Chastelein pada 28 Juni 1714.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tinggalkan komen

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Open chat
1
Hello can we help you?