Jakartakita.com
Berita Jakarta, Info Jakarta Terkini, Berita Nasional, Bisnis Jakarta

Kini Indonesia Sudah Punya Vaksin Demam Berdarah

656

Tiket Pesawat Murah Airy

foto : istimewa
foto : istimewa

Jakartakita.com –  Setelah melakukan penelitian selama 20 tahun dengan melibatkan 30 ribu relawan dari 15 negara, akhirnya vaksin untuk mencegah penyakit demam dengue tersedia bagi masyarakat secara luas. Vaksin dengue pertama buatan Sanofi Pasteur ini, di Indonesia bisa digunakan untuk individu berusia 9 sampai 16 tahun.

Meski diperuntukkan bagi anak usia 9 hingga 16 tahun, vaksin dengue tidak tertutup kemungkinan akan bisa diterapkan pula pada orang deasa. Peneliti utama dari studi klinis fase III tentang vaksin dengue yang dilakukan di Indonesia, Sri Rezeki Hadinegoro menyatakan, vaksin dengue yang diperuntukkan bagi anak usia 9 hingga 16 tahun, tidak menutup kemungkinan bisa dipakai untuk orang dewasa.

Artikel Terkait
1 daripada 2

Menurut dia, hal ini sudah dilakukan di beberapa negara lain. Kemungkinan tersebut bisa tejadi karena efikasi vaksin dengue lebih baik ketika diberikan pada anak yang memiliki seropositif dibandingkan seronegatif.

Di sisi lain, semakin bertambahnya usia seseorang semakin tinggi pula seropositif yang ditemukan. Oleh karena itu, Sri mengatakan pengajuan vaksin dengue untuk dewasa akan dilakukan.

Hingga saat ini, vaksin dengue milik Sanofi Pasteur telah mendapat persetujuan pemasaran di 12 negara, yaitu Meksiko, Filipina, Brazil, El Savador, Kosta Rika, Paraguay, Guatemala, Peru, Indonesia, Thailand, Singapura, dan Bolivia.

Soal harga, vaksin yang sudah mulai dijual pada September 2016 ini dibanderol sekitar Rp 1 juta.

Tinggalkan komen

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More