Take a fresh look at your lifestyle.

Dahua Luncurkan Kamera dengan Fitur Pengenalan Wajah & Plat Nomor Kendaraan

0 1,120
foto : jakartakita.com/edi triyono
foto : jakartakita.com/edi triyono

Jakartakita.com – Konsep “smart city” atau kota cerdas sudah diterapkan di berbagai negara, dan sudah menjadi acuan dan diterapkan di beberapa kota-kota di Indonesia, karena diyakini bisa menyelesaikan berbagai masalah urban seperti kemacetan, penumpukan sampah, dan tentu yang paling utama yaitu keamanan warga.

Pasalnya, masalah keamanan bukan hanya sekedar isu belaka. Data BPS menyebutkan, selama tahun 2013 saja, setiap 1 menit 32 detik terjadi satu tindakan kriminal di Indonesia. Sementara itu, dari 100.000 orang di Indonesia, 140 orang diantaranya beresiko terkena tindak kejahatan (crime rate). Angka-angka ini didasarkan pada laporan Kepolisian.

Hal tersebut dapat menjadi gambaran masih rendahnya tingkat keamanan di Indonesia.

Menyikapi kondisi tersebut, PT Pasifik Teknologi Indonesia selaku distributor tunggal di Indonesia dan Dahua Technology (Dahua) sebagai  perusahaan penyedia CCTV dan perangkat keamanan terbesar kedua di dunia, dan pemilik 770 paten dalam bidang video surveillance, terus menerus mengembangkan teknologi dari produk-produk mereka yang sangat cocok untuk diaplikasikan diberbagai fasilitas publik seperti jalan raya, terminal/stasiun, bandara, pusat keramaian & perbelanjaan, gedung komersial serta gedung pemerintahan.

Related Posts
1 daripada 6,538

Juan Andreas selaku Manager PT Pasific Teknologi Indonesia mengatakan, salah satu teknologi unggulan yang ditawarkan untuk menjawab permasalahan kemacetan serta traffic control di Jakarta dan beberapa kota besar lainnya adalah teknologi “License Plate Recognition”.

Teknologi ini berfungsi untuk menangkap gambar (screenshoot) dan mengenali nomor plat kendaraan.

Salah satu contoh penerapan teknologi ini adalah, kamera dapat dipasang diperlintasan lampu merah, dimana apabila terjadi pelanggaran lalu lintas kamera akan secara otomatis meng-capture dan mengenali siapa pemilik kendaraan tersebut yang melakukan pelanggaran. Pastinya hal ini akan sangat membantu melakukan kontrol lalu lintas dengan konsep pemerintah yang mulai menerapkan tilang online,” papar Andreas di Jakarta, Selasa (17/01/2017).

Sementara itu, Iqbal selaku Presales Manager PT Pasific Teknologi Indonesia menjelaskan, teknologi Face Recognition yang dihadirkan, juga mendukung program Smart City. Dengan teknologi ini, kamera mampu mengenali wajah seseorang yang memungkinkan untuk mengetahui identitas, memblokir access, dan juga report, yang memudahkan anda untuk menemukan seseorang di suatu tempat pada area yang sudah terpasang camera dengan Face Recognition.

“Kedepannya untuk menjaga hubungan dan kerjasama yang baik dengan para partner yang berada di Indonesia serta pengenalan akan teknologi terbaru dari Dahua, sosialisasi produk akan terus dilakukan secara berkala setiap tahunnya,” tandas dia.  (Edi Triyono)

 

Tinggalkan komen