Jakartakita.com
Berita Jakarta, Info Jakarta Terkini, Berita Nasional, Bisnis Jakarta

Ini Dia 10 Bidang Profesi di Indonesia yang Paling Banyak Menyerap Tenaga Kerja Perempuan

1,219

Tiket Pesawat Murah Airy

foto : istimewa
foto : istimewa

Jakartakita.com – Dalam rangka memperingati Hari Kartini pada tanggal 21 April, yang juga menjadikan bulan April sebagai bulan spesial bagi kaum perempuan, Jobplanet (Jobplanet.com), platform komunitas online yang menampilkan berbagai informasi seputar perusahaan dan dunia kerja, melakukan riset dan menganalisis bidang-bidang profesi apa saja yang paling banyak digeluti oleh pekerja perempuan.

“Jobplanet menemukan sepuluh bidang profesi yang paling banyak digeluti oleh pekerja perempuan. Tiga bidang profesi teratas adalah bidang administrasi, marketing atau pemasaran, dan teknologi informasi,” ungkap Kemas Antonius, Chief Product Officer Jobplanet di Indonesia, dalam siaran pers yang diterima Jakartakita.com, baru-baru ini.

Berikut ini sepuluh bidang profesi di Indonesia yang paling banyak menyerap tenaga kerja perempuan:

1. Administrasi (11,93%)

Profesi-profesi di bidang administrasi antara lain, sekretaris, staf admin, dan office manager.

2. Marketing atau pemasaran (10,33%)

Profesi di bidang marketing antara lain berhubungan dengan pemasaran produk, strategi pemasaran, riset pasar, danmarketing communication.

3. Teknologi Informasi atau TI (9,88%)

Profesi TI yang banyak digeluti perempuan, antara lain software engineer, desainer grafis, database administrator, dan sistem informasi.

4. Keuangan dan akuntansi (7,78%)

Profesi di bidang keuangan dan akuntansi yang banyak menyerap karyawan perempuan antara lain, akuntan, analis keuangan, dan auditor.

Artikel Terkait
1 daripada 20

5. Engineering atau teknik (7,44%)

Profesi di bidang engineering yang selama ini dipandang sebagai bidang yang didominasi oleh laki-laki ternyata mulai terbuka dan menarik minat perempuan. Di antaranya adalah profesi sebagai mechanical engineering, process engineering, dan electrical engineering.

6. Customer service atau pelayanan pelanggan (6,54%)

Profesi di bidang customer service antara lain adalah staf di bagian informasi dan penanganan keluhan pelangan.

7. Sales atau penjualan (5,03%)

Profesi di bidang sales antara lain, staf sales ritel, sales produk, dan account executive.

8. Konsultasi (2,36%)

Profesi di bidang konsultasi yang banyak digeluti pekerja perempuan antara lain konsultan humas atau public relations, psikolog, psikiater, konsultan pajak dan keuangan, serta konsultan bisnis.

9. Human resources atau SDM (1,34%)

Para perempuan yang menggeluti profesi di bidang SDM antara lain bekerja sebagai staf atau manajer HRD perusahaan. HR sendiri memiliki banyak konsentrasi, misalnya dalam hal perekrutan, tunjangan dan kompensasi, serta program pengembangan karyawan.

10. Pendidikan dan pelatihan (1,25%)

Peran perempuan di dunia pendidikan juga tak bisa diabaikan. Beberapa profesi di bidang pendidikan yang menyerap pekerja perempuan antara lain sebagai dosen, guru sekolah dasar (SD) hingga guru sekolah menengah atas (SMA), serta guru les privat.

Asal tahu saja, riset Jobplanet dilakukan berdasarkan survei yang dilakukan melalui Jobplanet.com sejak Januari 2016 hingga Maret 2017 terhadap 55.000 responden perempuan berusia 21–45 tahun yang juga menjadi pengguna Jobplanet. Mereka bekerja sebagai karyawan dari beragam profesi dan industri, dan tersebar di seluruh Indonesia.

 

Tinggalkan komen

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More