Jakartakita.com
Berita Jakarta, Info Jakarta Terkini, Berita Nasional, Bisnis Jakarta

Survei OLX : Kuartal II-2017, Tren Penjualan Mobil Bekas di Indonesia Menunjukkan Pelemahan

0 1,185

Tiket Pesawat Murah Airy

foto : jakartakita.com/edi triyono
foto : jakartakita.com/edi triyono

Jakartakita.com – OLX Indonesia, situs layanan jual-beli kendaraan bekas merilis data tren penjualan mobil bekas melalui olx.co.id, baik pada jumlah transaksi maupun aktivitas masyarakat menjual mobil.

Dalam laporannya, OLX menyebutkan bahwa pada kuartal 2 tahun 2017, tren penjualan mobil bekas di Indonesia menunjukkan pelemahan.

Banyaknya hari libur sepanjang kuartal tersebut menjadi faktor penyebabnya.

Long weekend paling banyak ada di kuartal kedua tahun ini. Di kuartal kedua aktivitas jual-beli memang turun karena hari kerja juga berkurang,” kata Edward Kilian Suwugnjo, Chief Marketing Officer OLX, di Jakarta, Rabu (23/8/2017).

Lebih rinci disebutkan, selama kuartal II-2017, tercatat sebanyak 141.000 orang/akun menjual mobil bekas per bulan. Angka ini turun sekitar 5 persen dari kuartal 1-2017 yang sebanyak 147.000 penjual per bulan.

Dari angka tersebut, total mobil dijual juga turun menjadi 324.000 unit di kuartal 2 dari 373.000 unit di kuartal sebelumnya.

Artikel Terkait
1 daripada 51

Adapun tren masyarakat mencari mobil juga melemah, dari 591.000 orang per bulan di kuartal 1 menjadi 580.000 orang per bulan pada kuartal 2.

Sementara itu, aktivitas jual-beli juga tidak luput dari penurunan angka, di mana pada kuartal 1 terjadi 179.000 unit per bulan mobil laku terjual menjadi 177.000 unit per bulan pada kuartal 2.

Alhasil, jumlah transaksi yang terjadi pada kuartal 2 pun turun menjadi Rp 26,2 triliun dari Rp 29,5 triliun di kuartal 1.

Lebih lanjut, OLX juga mengungkapkan bahwa harga mobil bekas cenderung turun di tengah tahun karena banyaknya mobil baru diluncurkan. Karenanya, tengah tahun disebut menjadi momen tepat untuk membeli mobil karena rata-rata harga pasaran turun sampai 20 persen.

“Dan tren ini juga terjadi pada kuartal yang sama dua tahun berturutan,” sebut Edward.

Meskipun demikian, lanjut dia, penjual mobil tetap dapat diuntungkan mengingat data OLX menunjukkan bahwa setiap tahunnya, terjadi peningkatan kecepatan penjualan mobil bekas di situs OLX.

“Melihat data yang ada, kecepatan penjualan mobil di OLX pada kuartal kedua 2017 rata-rata meningkat untuk laku. Bahkan, untuk beberapa tipe, waktu yang dibutuhkan dapat lebih singkat. Avanza, misalnya, secara rata-rata hanya membutuhkan waktu tiga sampai empat hari. Sementara Daihatsu Xenia dan Toyota Agya membutuhkan waktu empat sampai lima hari untuk laku,” tandas Edward.  (Edi Triyono)

 

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tinggalkan komen

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Open chat
1
Hello can we help you?