Jakartakita.com
Berita Jakarta, Info Jakarta Terkini, Berita Nasional, Bisnis Jakarta

Jamin Keamanan Berinvestasi di Fintech Lending, Amartha dan Jamkrindo Jalin Kerjasama

1,054
foto : istimewa
foto : istimewa

Jakartakita.com – Amartha resmi menjalin kerjasama dengan BUMN penjaminan kredit mikro terbesar di Indonesia, Perum Jamkrindo, di Jakarta, Kamis, 31 Agustus 2017 lalu.

Kerjasama ini menjadi strategis, mengingat Amartha merupakan perusahaan teknologi keuangan (fintech) pertama di Indonesia yang bekerjasama dengan perusahaan penjaminan kredit.

Selain memberi keamanan lebih bagi investor Amartha, kerjasama ini pun diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan publik untuk bertransaksi melalui platform peer to peer lending (P2P) di Indonesia.

“Kerjasama dengan Amartha merupakan peluang yang sangat bagus karena Jamkrindo ingin senantiasa mengikuti perkembangan zaman dan teknologi, khususnya teknologi yang dapat memberi manfaat pada masyarakat unbanked,” ujar Direktur Bisnis Perum Jamkrindo, Bakti Prasetyo dalam siaran pers yang diterima Jakartakita.com, Senin (04/9).

Amartha sendiri merupakan satu-satunya platform P2P di Indonesia yang menyalurkan pendanaanya pada masyarakat prasejahtera dan unbanked di pelosok Indonesia, sehingga membantu menciptakan inklusi keuangan dan literasi keuangan.

Menggunakan approach pendampingan dan pembiayaan berbasis kelompok yang dilengkapi dengan sistem tanggung renteng, Amartha mampu menjaga tingkat gagal bayar 0% sepanjang lebih dari tujuh tahun beroperasi.

Artikel Terkait
1 daripada 64

Melalui kerjasama dengan Jamkrindo ini, Amartha ingin memastikan bahwa risiko investasi di Amartha telah dikelola dengan sangat baik dengan proteksi berlapis, mulai dari ikatan sosial (social collateral) hingga penjaminan kredit jika terjadi gagal bayar.

“Masyarakat unbanked sebenarnya memiliki kemampuan membayar yang tinggi, namun tidak terjangkau dan perlu diedukasi soal kedisiplinannya. Pendekatan Amartha yang berbasis kelompok menjadi solusinya,” jelas Bakti.

“Mitigasi risiko yang baik ini membuat kami semakin yakin untuk bekerjasama dengan Amartha,” sambungnya.

Sementara itu, Andi Taufan Garuda Putra, Founder & CEO Amartha mengatakan, kerjasama ini merupakan milestone yang akan memacu Amartha untuk tumbuh dan melayani lebih banyak masyarakat unbanked di Indonesia.

“Selama ini kita tahu, mereka sulit mendapatkan pinjaman karena tidak memiliki kelayakan kredit. Dan untuk itulah Amartha hadir mempertemukan mereka dengan investor yang mau berinvestasi sekaligus memberikan dampak sosial. Dengan penjaminan kredit ini maka investor akan semakin percaya dan tidak khawatir untuk menyalurkan dananya melalui Amartha,” jelas Andi.

Kapabilitas Perum Jamkrindo sendiri memang sudah tidak diragukan lagi. Jamkrindo mengklaim, jika nilai ekuitasnya mencapai 14 Triliun. Selain itu, Jamkrindo merupakan perusahaan penjamin kredit terbesar di Indonesia dengan total nilai penjaminan lebih dari Rp 270 Triliun dan 8 Juta kredit.

Adapun Amartha sejak tanggal 31 Mei 2017 lalu telah resmi terdaftar dan diawasi oleh OJK.


Pasang Iklan Gratis @ jakartakita.com - klik iklan.jakartakita.com

Interested in writing for Jakartakita.com? We are looking for information and opinions from experts in a variety of fields or others with appropriate writing skills.
The content must be original on the following topics: lifestyle (beauty, fashion, food), entertainment, science & technology, health, parenting, social media, and sports.
Send your piece to redaksi@jakartakita.com

Open chat
1
Hello can we help you?