Info Jakarta - Berita Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Timnas U-19 Pesta Gol 9-0 ke Gawang Filipina

584

timnas u-19Jakartakita.com – Tim nasional sepakbola Indonesia U-19 berhasil berpesta sembilan gol tanpa balas ke gawang Filipina dalam laga matchday 2 Grup B Piala AFF U-18 2017 yang berlangsung di Stadion Thuwunna, Kamis (7/9/2017) malam WIB.

Feby Eka Putra membuat tiga gol dalam laga ini (8′, 68′, 88′), disusul dua gol dicetak masing-masing oleh Egy Maulana Vikri (21′, 37′), dan Muhammad Iqbal (26′, 40′), serta satu gol dari Rafli Mursalim (90’+1′) dan Resky Witriawan (90’+3′).

Sebelumnya, di laga perdana, tim asuhan pelatih Indra Sjafri itu juga berhasil mengalahkan tim tuan rumah Myanmar dengan skor 2-1. Dua gol ke gawang Myanmar diborong oleh Egy.

Dengan tambahan tiga poin dari mengalahkan Filipina, timnas U-19 kini memuncaki klasemen Grup B dengan enam poin. Filipina yang kalah di urutan lima masih tanpa poin.

Garuda Nusantara mengawali babak pertama dengan semangat untuk membuat gol cepat di menit-menit awal. Meski begitu, Filipina yang justru membuat kejutan dengan tendangan jarak jauh Mariano Suba pada menit ketiga. Kiper timnas U-19 Muhammad Riyandi dengan sigap menepis si kulit bundar.

Baik Indonesia maupun Filipina dalam pertandingan ini terlihat bermain terbuka. Egy lagi-lagi memberikan ancaman seperti pada saat ia menyulitkan Myanmar pada pertandingan perdana. Di menit ketujuh, ia hampir saja membuat gol kalau kiper Filipina Julian Boltron tidak keluar dari gawangnya untuk memblok umpan jauh yang diberikan Syahrin Abimanyu ke Egy tersebut.

Indonesia memulai pesta golnya di menit kedelapan melalui tendangan jarak jauh yang dilesakkan oleh Feby ke pojok kanan gawang lawan.

Egy hampir saja membuat gol kedua selang dua menit kemudian, ketika ia lolos dari penjagaan pemain bertahan Filipina. Sayang tendangannya masih lemah dan mudah ditangkap oleh Boltron. Sisi pertahanan lawan amat rapuh dengan gelombang serangan yang datang dari Indonesia.

Egy mencetak gol kedua timnas U-19 pada menit ke-21. Dia berhasil memaksimalkan kemelut didepan gawang Filipina dengan tendangan keras dalam sebuah situasi sepak pojok. Lima menit berselang, Iqbal membuat gol hasil umpan matang Feby di kotak penalti lawan.

Indonesia hampir membuat gol lagi beberapa menit berselang setelah mendapat hadiah penalti karena pemain Filipina dinyatakan handsball oleh wasit di kotak penalti. Tetapi tendangan Asnawi Mangkualam Bahar berhasil ditepis oleh Boltron.

Artikel Terkait
1 daripada 2,050

Pada menit ke-37, Feby dilanggar di kotak penalti Filipina. Egy yang menjadi eksekutor penalti, ia dengan mudah menyarangkan bola ke gawang lawan.

Tim lawan terlihat seperti sudah tidak bisa memberikan perlawanan sama sekali, timnas Indonesia benar-benar mendominasi. Menit ke-40 gol kembali tercipta, kali ini lewat tendangan bebas Muhammad Iqbal yang meluncur datar ke pojok gawang Filipina. Hasil 5-0 untuk keunggulan Indonesia menutup babak pertama.

Memulai babak kedua, pelatih timnas U-19 Indra Sjafri melakukan pergantian pemain dengan menarik keluar Egy untuk digantikan Irsan Lestaluhu. Hanis Saghara mampu menyarangkan bola ke gawang Filipina di awal babak setelah menerima umpan Feby Eka. Namun tak terjadi gol karena Hanis dinyatakan offside oleh hakim garis.

Pelatih Indra kemudian menarik keluar Asnawi yang menjadi mesin di lini tengah timnas U-19 selama babak pertama. Ia digantikan oleh Resky Witriawan pada menit ke-57.

Gol ke-enam Indonesia lalu hadir pada menit ke-68, lewat penetrasi Feby yang merangsek masuk ke kotak penalti lawan dan dengan mudah menaklukkan kiper Filipina. Sedangkan gol ketujuh  lahir pada menit ke-88 dari kaki Feby, sekaligus melengkapi hattrick-nya, setelah menerima bola dari Rafli Mursalim.

Memasuki injury time, timnas U-19 mendapat penalti setelah Rafli dilanggar Boltron di kotak penalti Filipina. Boltron pun menerima kartu merah. Rafli sendiri maju sebagai eksekutor dan dapat membuat timnas U-19 unggul 8-0. Pada menit tambahan ketiga, Resky mencetak gol pamungkas laga.

Hasil ini menempatkan Egy sebagai pencetak gol terbanyak timnas U-19 (4 gol), disusul oleh Feby (3 gol), Iqbal (2 gol), serta Rafli Mursalim dan Resky Witriawan yang masing-masing mencetak satu gol. Timnas U-19 sudah menyarangkan 11 gol ke gawang lawan dan hanya kemasukan 1 gol sejauh ini di ajang Piala AFF U-18 2017.

Selanjutnya Garuda Nusantara akan berhadapan dengan Vietnam pada Senin (11/9/2017) pukul 15.30 WIB.

 

Susunan Pemain

Timnas Indonesia U-19: Muhamad Riyandi; Rifad Marasabessy, Rachmat Irianto, Nurhidayat Haji Haris, Samuel Christianson; Muhammad Iqbal, Asnawi Mangkualam Bahar (Resky Witriawan 57′), Feby Eka Putra, Syahrian Abimanyu; Egy Maulana Vikri (Irsan Lestaluhu 46′), Hanis Saghara (Rafli Mursalim 72′)

 

Timnas Filipina U-19: Julian Boltron; Lemark Unaba, Robert Lawrence, Clyde Rasonable, Marcel Ivan; John Pedroso, Mariano Suba, Vince Balto, Fidel Tacardon; Francis Baclia-An Mercenes, Lean Panes Perez


Interested in writing for Jakartakita.com? We are looking for information and opinions from experts in a variety of fields or others with appropriate writing skills.
The content must be original on the following topics: lifestyle (beauty, fashion, food), entertainment, science & technology, health, parenting, social media, and sports.
Send your piece to redaksi@jakartakita.com

Open chat
1
Hello can we help you?
Powered by