Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Per 1 Juni, Enam SPBU Pertamina Kembali Jualan Premium

177
foto : jakartakita.com/edi triyono

Jakartakita.com – PT Pertamina (Persero) Tbk menyatakan komitmennya untuk menindaklanjuti revisi Peraturan Presiden Nomor 191 Tahun 2014 tentang Penyediaan, Pendistribusian, dan Harga Jual Eceran Bahan Bakar Minyak.

Dalam revisi aturan itu, disebutkan bahwa Pertamina harus menyediakan Bahan Bakar Minyak atau BBM Premium di seluruh Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Jawa, Madura, dan Bali (Jamali).

Kewajiban mendistribusikan BBM Premium di wilayah Jawa, Madura dan Bali tersebut, tertuang dalam Pasal 3 ayat 4  Perpres Nomor 43 Tahun 2018 yang berbunyi, “Berdasarkan rapat koordinasi yang dipimpin oleh Menteri yang mengkoordinasikan bidang perekonomian, Menteri dapat menetapkan distribusi BBM jenis bensin (gasoline) RON minimum 88 di wilayah penugasan yang dikecualikan sebagaimana dimaksud dalam ayat 3.”

Menyikapi hal tersebut, Kepala BPH Migas, Fanshurullah Asa mengatakan, per hari Jumat (01/6), sudah ada 6 SPBU milik PT Pertamina (Persero) yang kembali menyediakan Premium dan sudah siap menyalurkan BBM untuk kebutuhan mudik Lebaran di wilayah Jawa, Madura, dan Bali (Jamali).

Ditambahkan, SPBU Pertamina yang kembali menjual Premium akan bertambah sebanyak 571 SPBU di wilayah Jamali, sehingga menjadi 2090 SPBU dari yang tadinya sekitar 1519 SPBU.

“Per hari ini, sudah ada enam SPBU yang berkomitmen dari 571 SPBU tadi,” ucap Fanshurullah Asa, saat mengecek kesiapan penyaluran BBM di jalur mudik di Rest Area KM 102 Tol Cipali, Subang, Jawa Barat, Jumat (01/6/2018).

foto : jakartakita.com/edi triyono

Adapun ke-6 SPBU tersebut, terdiri dari dua SPBU di jalan tol yaitu di Rest Area KM 102 dan KM 101 di Tol Cipali, serta empat SPBU di jalur non tol di beberapa daerah seperti di Purwakarta dan Yogyakarta.

“Kita sedang mempercepat supaya 571 (SPBU) ini untuk bisa semua,” tegasnya.

Sementara itu, Direktur Logistik, Supply Chain, dan Infrastruktur Pertamina, Gandhi Sriwidodo mengatakan, tambahan 6 SPBU yang menjual BBM Premium ini juga merupakan bagian dari upaya perusahaan untuk mendukung kelancaran arus mudik.

“Dalam rangka menghadapi libur mudik, kita fokus agar pemudik dapat kepastian di seluruh SPBU Pertamina yang ada di jalur mudik, tersedia Premium. Meski demikian, BBM tidak hanya Premium yang kita sediakan. Ada Pertamax, dan lain-lain. Semua kita sediakan,” pungkasnya.  (Edi Triyono)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.

IndonesianEnglishDutchChinese (Simplified)Malay
%d bloggers like this: