Info Jakarta - Berita Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Tipe Pelancong Seperti Apakah Anda?

2,039

Jakartakita.com – Shopback, yang merupakan platform gaya hidup yang mendukung masyarakat untuk dapat belanja hemat dan cermat, dengan memberikan berbagai kemudahan dan keuntungan kepada konsumen, baru-baru ini mengelompokan tipe-tipe pelancong berdasarkan perilaku mereka dalam memesan untuk kebutuhan travelingnya.

Pengelompokan ini berdasarkan durasi mereka memesan produk travelling di platform online travel. Berikut ini tipe-tipenya;

Pelancong Spontan

Pelancong tipe ini merupakan mereka yang memesan dan melakukan perjalanan kurang dari satu hari. Pelancong tipe ini lebih memilih bertransaksi melalui aplikasi ponsel. Yang tergolong tipe ini termasuk mereka yang suka melakukan perjalanan bisnis atau mereka yang sangat membutuhkan liburan dengan waktu yang cepat.

Pelancong ‘Menit Terakhir”

Artikel Terkait
1 daripada 17

Mereka yang suka memesan online travel dalam kurun waktu seminggu sebelum waktu perjalanan, termasuk ke dalam kategori ini. Kelompok pelancong ini menggunakan platform desktop dan aplikasi ponsel secara berimbang.

Pelancong Terencana

Pelancong Terencana adalah mereka yang mempersiapkan, memesan akomodasi serta membeli tiket perjalanan lebih dari seminggu sebelum keberangkatan. Data ShopBack menunjukkan, 67% dari tipe ini melakukan perjalanan ke luar negeri dengan durasi perjalanan yang cukup panjang.

Di antara tiga tipe pelancong diatas, Pelancong Terencana menghabiskan US$ 370 atau sekitar Rp 5.280.000 lebih banyak ketimbang tipe pelancong lainnya.

“Namun, hal ini tidak berlaku di Indonesia, dimana nilai rata-rata transaksi yang dilakukan ketiga tipe pelancong ini cenderung berimbang, berkisar Rp6.700.000 – Rp6.900.000,” ujar Yolanda Margaretha, Head of Business Development di ShopBack Indonesia dalam siaran pers yang diterima Jakartakita.com, baru-baru ini.

Adapun destinasi domestik favorit masyarakat Indonesia menurut riset ShopBack adalah Bali, Jakarta, Yogyakarta, Surabaya, serta Bandung.

Sedangkan untuk destinasi luar negeri, masyarakat Indonesia senang melancong ke Singapura, India, Jepang, dan Malaysia.


Interested in writing for Jakartakita.com? We are looking for information and opinions from experts in a variety of fields or others with appropriate writing skills.
The content must be original on the following topics: lifestyle (beauty, fashion, food), entertainment, science & technology, health, parenting, social media, and sports.
Send your piece to redaksi@jakartakita.com