Info Jakarta - Berita Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Melalui Ajang ‘Regional Student Company Competition 2019’, Citibank & AIG Indonesia Kembangkan Potensi Kewirausahaan Generasi Muda Indonesia

1,480

Jakartakita.com – Dalam upaya mendukung program pemerintah menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal, Citi Indonesia (Citibank) dan PT AIG Insurance Indonesia (AIG Indonesia) melalui program Prestasi Junior Indonesia menggelar kegiatan ‘Regional Student Company Competition 2019’ yang melibatkan pelajar dari delapan SMA dan SMK di Jakarta yang bersaing menunjukkan keterampilan mengelola usaha mikro.

Dalam kompetisi kewirausahaan yang digelar di Atrium Green Pramuka Square, Sabtu (13/7) ini, para pelajar memaparkan pencapaian usaha serta memamerkan produk inovasi dari bisnis mikro yang dijalankan di sekolah.

Kedelapan sekolah tersebut, antara lain; SMAN 35 Jakarta, SMAN 81 Jakarta, SMKN 5 Jakarta, SMKN 26 Jakarta, SMKN 27 Jakarta, SMKN 38 Jakarta, SMKN 63 Jakarta, dan SMK Bina Informatika.

Robert Gardiner, Co Founder and Academic Advisor Prestasi Junior Indonesia mengatakan, di ajang ini, para pelajar berkesempatan untuk mengalami secara langsung bagaimana mengoperasikan sebuah bisnis. 

“Di kesempatan ini, mereka tidak hanya menyusun strategi bisnis tetapi juga dapat merasakan dan memahami secara langsung dinamika perusahaan dan berbagai risiko yang terjadi dari setiap keputusan bisnis. Masing-masing individu juga memiliki kesempatan untuk mengoptimalkan potensi diri mereka dalam berwirausaha. Dengan demikian, para pelajar memiliki wawasan bisnis yang lebih komprehensif dan menjadi lebih siap untuk membuka bisnis baru di masa depan,” ujar Robert Gardiner, dalam keterangan pers, Senin (15/7).

Director, Country Head of Corporate Affairs Citi Indonesia, Elvera N. Makki mengungkapkan, generasi muda perlu diberikan wadah untuk mengasah minat berwirausaha, mengembangkan kreativitas yang dimiliki, sekaligus melatih kepekaan menangkap peluang.

“Melalui pembelajaran praktis, mereka dapat memahami tantangan serta risiko bisnis secara konkret. Kondisi demikian, akan memperkaya wawasan para pelajar dalam mengembangkan strategi bisnis sekaligus menstimulasi insting dalam berwirausaha,” jelasnya. 

Artikel Terkait
1 daripada 10

“Yang jelas, ini merupakan wujud komitmen Citi Indonesia untuk memberikan kesempatan ekonomi yang lebih luas bagi generasi muda atau kami sebut youth economic opportunities serta mendukung pertumbuhan ekonomi, terutama yang diinisiasi oleh generasi muda. Upaya yang kami lakukan ini juga sejalan dengan Sustainable Development Goals/Tujuan Pembangunan Berkelanjutan yang terkait dengan generasi muda,” katanya lagi.

Dukungan senada juga diutarakan President Director and CEO AIG Indonesia, Robert Logie yang mengungkapkan bahwa pihaknya sangat senang menjadi bagian dari program ini, yang memberikan generasi muda pengetahuan serta pengalaman yang dapat membuka potensi mereka.

Memiliki pengalaman berwirausaha sangat dihargai oleh pengusaha dan penting saat mereka memutuskan untuk membangun usaha mereka sendiri.

“Oleh karenanya, di AIG Indonesia, kami memiliki profesional muda yang mengoptimalkan keterampilan kewirausahaan mereka dalam mengembangkan ide, membuat keputusan, dan mencapai tujuan bisnis,” jelas Robie.

Kegiatan ini merupakan bagian dari program edukasi Student Company (Perusahaan Siswa) yang digagas untuk mendorong kemampuan bisnis generasi muda.

Para pelajar telah dibina untuk mendirikan dan mengoperasikan sebuah perusahaan (SC-Student Company) di sekolah selama enam hingga delapan bulan. Hal ini termasuk menciptakan ide produk, merencanakan strategi bisnis, melakukan penjualan produk, hingga likuidasi perusahaan.

Para pengusaha muda ini juga mendapatkan pendampingan bisnis secara intensif dari mentor PJI dan profesional bisnis.

Adapun ke delapan sekolah tersebut, bersaing memperebutkan gelar ‘The Best Student Company in Jakarta’ dalam kompetisi ini.

Dua sekolah terbaik akan mewakili DKI Jakarta untuk bersaing dengan sekolah-sekolah dari regional lainnya dalam kompetisi bisnis tingkat nasional, Indonesia Student Company Competition 2019, yang akan diselenggarakan di Jakarta pada Agustus mendatang. (Fahrul Anwar)


Interested in writing for Jakartakita.com? We are looking for information and opinions from experts in a variety of fields or others with appropriate writing skills.
The content must be original on the following topics: lifestyle (beauty, fashion, food), entertainment, science & technology, health, parenting, social media, and sports.
Send your piece to redaksi@jakartakita.com