Info Jakarta - Berita Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Mofomofa Sebarkan Pesan #sayangorangutan Kepada Masyarakat di Ajang #Sayangorangutan Festival: Orangutan Merdeka

2,184

Jakartakita.com – Dalam rangka merayakan Hari Orangutan Sedunia yang jatuh pada tanggal 19 Agustus 2019, Mofomofa, brand souvenir oleh-oleh khas Indonesia – didirikan pada tahun 2017, yang menggabungkan dua ikonik asli Indonesia, yaitu Orangutan dan Batik, bekerja sama dengan BOSF (Borneo Orangutan Survival Foundation), untuk pertama kalinya menyelenggarakan acara #Sayangorangutan Festival: Orangutan Merdeka, Minggu (18/8) di Sarinah Thamrin, Jakarta Pusat.

Acara ini bertujuan untuk menggalang dana dalam rangka memulangkan orangutan Borneo kembali ke hutan yang menjadi habitat alaminya.

Sebanyak kurang lebih 800 peserta dan 250 Komunitas Orangutan Merdeka mengikuti acara ini.

Asal tahu saja, Komunitas Orangutan Merdeka adalah komunitas volunteer pelajar dan mahasiswa di bawah naungan Mofomofa yang ditujukan untuk menyebarkan pesan #sayangorangutan kepada masyarakat sekitar.

Acara dibuka dengan kegiatan Fun Run dan Fun Walk sejauh 3 KM di area Sarinah Thamrin, lalu diikuti dengan Zumba oleh Vicky Burki dan crew, DJ Agung, story telling orangutan oleh Kak Resha, penampilan hiburan musik oleh Abirama, Pria, Angel Melinda, Localtrio, Raben dan pengisi acara lainnya.

Artikel Terkait
1 daripada 4

Adapun sebagai acara puncak diisi dengan bincang – bincang santai bersama Dr. Ir. Jamartin Sihite, CEO BOS Foundation, Ibu Seruni yang akrab disapa Momou, Founder dan Owner Mofomofa, dan Davina Veronica, aktivis dan BOS Foundation Campaigner.

“Gunakanlah smartphone untuk mencari info yang valid, jangan termakan hoax dan carilah sumber yang terpercaya. Ada banyak sumber edukasi tentang orangutan di halaman BOS Foundation, gunakanlah social media adik-adik semua untuk menyebarkan pesan yang baik. Jadilah smart, jangan kalah dengan smartphone,” ungkap Martin, ketika memberikan pesan untuk peserta millennial yang hadir.

Let’s speak for the voiceless”, tambah Davina.

“Orangutan itu sama seperti manusia, orangutan itu penjaga hutan, sumber oksigen kita,” tambah Momou.

Sebanyak Rp27,500,000 terkumpul pada hari Minggu tersebut. Penggalangan dana masih berlangsung hingga mencapai target sebesar Rp2Miliar untuk dapat menanam sebanyak 8000 pohon (Pohon Buah-Buahan dan beragam kategori untuk rumah Orangutan) di Kalimantan Tengah, melepaskan 100 Orangutan Borneo Indonesia kembali ke Hutan liar, pembuatan suaka dengan luas area 200.000 hektar untuk digunakan sebagai tempat orangutan yang cacat sehingga mereka masih bisa hidup layaknya di hutan liar.

Bagi #sahabatorangutan yang ingin berpartisipasi dalam pelepasan orangutan, dapat berdonasi melalui halaman www.kitabisa.com/sayangorangutan, dan atau
membeli produk Mofomofa Estafet di www.mofomofa.com.

“Saya berharap, meski acara pertama telah usai, semoga pesan #sayangorangutan terus bergema, makin banyak yang care dan makin banyak yang sayang serta peduli sama orangutan. Saya pun berharap, acara seperti ini dapat terus berlangsung di seluruh Indonesia, bahkan ke luar negeri,” tandas Momou.


Interested in writing for Jakartakita.com? We are looking for information and opinions from experts in a variety of fields or others with appropriate writing skills.
The content must be original on the following topics: lifestyle (beauty, fashion, food), entertainment, science & technology, health, parenting, social media, and sports.
Send your piece to redaksi@jakartakita.com