Jakartakita.com
Berita Jakarta, Info Jakarta Terkini, Berita Nasional, Bisnis Jakarta

Hamilton Juara F1 GP Rusia

813

Jakartakita.com – Pebalap Mercedes Lewis Hamilton keluar sebagai juara F1 GP Rusia 2019. Pebalap Inggris tersebut dapat menuntaskan seluruh 53 putaran dalam waktu 1 jam 33 menit 38,992 detik dalam balapan yang berlangsung di Sochi Autodrom, Minggu (29/9/2019).

Saat balapan dimulai, pebalap Ferrari Sebastian Vettel dapat merebut posisi pertama dari rekan setimnya, Charles Leclerc. Hamilton menempati posisi ketiga, diikuti pebalap McLaren Carlos Sainz Jr dan pebalap Mercedes Valtteri Bottas di posisi keempat dan kelima.

Safety car lalu harus memasuki lintasan setelah terjadi insiden tabrakan yang melibatkan pebalap Haas Romain Grosjean, pebalap tim Alfa Romeo Antonio Giovinazzi, dan pebalap Renault Daniel Ricciardo. Giovinazzi dan Ricciardo bisa kembali ke pitstop setelah insiden tersebut, sedangkan Grosjean tak bisa melanjutkan balapan.

Pada putaran keempat, safety car kembali ke pitstop. Balapan dilanjutkan, duo Ferrari terus memimpin jalannya lomba.

Tiga putaran kemudian, Vettel sempat diminta tim Ferrari untuk membiarkan Leclerc melewatinya. Namun ia tidak mengindahkan permintaan tersebut.

Pada putaran ke-23, Leclerc masuk pitstop. Saat keluar pitstop, ia kembali berada di posisi kedua.

Artikel Terkait
1 daripada 71

Laju Ricciardo terhenti pada putaran ke-26, ia tidak melanjutkan balapan usai masuk pitstop.

Satu putaran kemudian, Vettel masuk pitstop. Seusai keluar pitstop, mesin Ferrari yang dikendarai Vettel mengalami masalah sehingga pebalap Jerman tersebut menghentikan mobil balapnya di pinggir lintasan.

Terhentinya Vettel membuat virtual safety car diberlakukan dan Hamilton memanfaatkannya untuk melakukan pitstop, mengganti medium tyre menjadi soft tyre. Saat keluar pitstop, Hamilton berada di posisi pertama di depan Leclerc. Bottas melakukan pitstop setelah itu dan saat keluar menempati posisi ketiga.

Pada putaran ke-29, pebalap Williams George Russell mengalami masalah rem yang menyebabkan mobil balapnya hilang kendali dan menabrak dinding pembatas. Safety car kembali keluar dan Leclerc memanfaatkan waktu masuk pitstop untuk mengganti medium tyre menjadi soft tyre. Setelah keluar pitstop, Leclerc berada di posisi ketiga di belakang Bottas.

Duo Mercedes pada akhirnya dapat finis 1-2, sedangkan Leclerc finis di urutan ketiga. Duo pebalap tim Red Bull Racing, Max Verstappen dan Alexander Albon, finis di urutan keempat dan kelima.

Kemenangan yang diraih di Sochi, yang kesembilan di ajang F1 musim ini dan yang ke-82 bersama tim Mercedes, membawa Hamilton yang memuncaki klasemen pebalap kini mengoleksi 322 poin dari 16 balapan. Ia unggul 73 poin dari Bottas yang berada di peringkat kedua.

Leclerc di peringkat ketiga dengan 215 poin, unggul tiga poin dari Verstappen di peringkat empat. Vettel di peringkat lima dengan tetap mengoleksi 194 poin.   


Pasang Iklan Gratis @ jakartakita.com - klik iklan.jakartakita.com

Interested in writing for Jakartakita.com? We are looking for information and opinions from experts in a variety of fields or others with appropriate writing skills.
The content must be original on the following topics: lifestyle (beauty, fashion, food), entertainment, science & technology, health, parenting, social media, and sports.
Send your piece to redaksi@jakartakita.com

Open chat
1
Hello can we help you?