Take a fresh look at your lifestyle.

Mentan: Stok Bawang Bombai Cukup

0 6,541
foto : istimewa

Jakartakita.com – Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) melakukan pengecekan ketersediaan bawang bombai ke gudang salah satu importir, demi memastikan stok cukup.

Menurutnya, dalam menghadapi pandemi Covid- 19, seluruh distribusi pangan harus dipastikan lancar untuk mengisi kebutuhan pasar.

“Kita pastikan hari ini bahwa 11 komoditi pangan dasar siap dan terkendali, sehingga kebutuhan terpenuhi. Tiga kebutuhan yang memiliki masalah dari ke 11 itu, yaitu; gula, bawang putih, serta bawang bombai sudah aman saat ini,” kata Syahrul kepada awak media di Jakarta, Jumat (03/4).

Mentan menambahkan, bahwa selain mengamankan stok, pihaknya bersama dengan pemerintah daerah, para distributor serta satgas pangan Polri akan terus memantau jalur distribusi pangan sehingga ketersedian pangan lancar dan tidak ada yang kekurangan.

“Saya sudah minta kepada Gubernur, Bupati serta Polri, meski dalam masa karantina wilayah tetap mengedepankan jalur transportasi distribusi bahan pokok kebutuhan masyarakat,” jelasnya.

Related Posts
1 daripada 3,296

Lebih lanjut Syahrul mengungkapkan, sebelumnya harga bahan pokok sempat mengalami kenaikan dikarenakan adanya panic buying dari masyarakat, panic trader dari pedagang dikarenakan terjadi lockdown di sejumlah negara dan daerah yang membuat terjadi perlambatan dalam penyetokan barang.

“Saya berharap, bawang bombai ini segera di distribusikan langsung ke retail-retail yang ada. Kerja ini terkait dengan pemerintah yang ada di provinsi untuk mengatur sampai tingkat kabupaten,” ungkap Syahrul.

Menurut SYL, sapaan akrabnya, dalam menghadapi situasi saat ini, masyarakat harus tetap tenang dan jangan ada yang membuat isu yang mengkhawatirkan, sehingga Pemerintah bisa berkerja dengan fokus dalam menyediakan kebutuhan bangsa.

Di kesempatan yang sama, Direktur PT.Tunas Maju Mandiri, Adi Putra Prajitna mengatakan, bahwa sebanyak 10 kontainer yang berisi 26 ton bawang bombai telah tiba dari New Zealand  dan akan segera didistribusikan ke 3 pulau, yakni; Jawa, Sumatera, Sulawesi hingga Papua.

“Per tanggal 1 April sejumlah 10 kontainer bawang bombai akan di lepas oleh Pak Menteri untuk segera di distribusikan. 3 (kontainer) diantaranya sudah didistribusikan ke luar Jawa, salah satunya Timika,” katanya.

Lebih lanjut Adi juga mengatakan, setiap minggunya bawang bombai akan terus masuk mulai pekan ini ke Indonesia, untuk memenuhi kebutuhan masyarakat sesuai yang sudah di rekomendasikan pemerintah.

“Sebagian sudah, bawang bombai sudah ada pada retail. Dan kami akan terus mendukung pendistribusian sehingga stok pasar untuk bawang bombai tidak ada yang langka,” tandasnya. (Edi Triyono)

Tinggalkan komen