Jakartakita.com
Berita Jakarta, Info Jakarta Terkini, Berita Nasional, Bisnis Jakarta

Mentan Panen Bawang Putih di Temanggung

2,605
foto : istimewa

Jakartakita.com – Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (SYL) melakukan panen bawang putih di Desa Petarangan, Kecamatan Kledung, Kabupaten Temangung, Rabu (15/4).

Kabupaten Temanggung merupakan sentra produksi bawang putih terbesar di Indonesia.

Produksi nasional bawang putih di tahun 2019 saja, mencapai 88.817 ton dengan luas panen 12.280 hektar.

Kabupaten Temanggung sendiri menyumbang 27,13% dari produksi nasional.

“Kurang lebih ada 3 ribu hektar. Kelompok tani dan masyarakatnya sudah maksimal. Kita berharap, ini (Temanggung) menjadi penyangga nasional di bidang bawang putih. Tadi kita sudah panen dan hasilnya sungguh menggembirakan,” kata Syahrul Yasin Limpo yang akrab disapa SYL.

Dijelaskan, Temanggung ternyata bukan hanya (menghasilkan) bawang putih, tapi juga ada bawang merah, cabai keriting, bahkan tembakau cukup banyak di sini.

Produksi cabai besar Kabupaten Temanggung tahun 2019  sebesar 22.551 ton, dan untuk cabai rawit sebesar 17.168 ton dengan luas areal pertanaman mencapai 7.000-8.000 hektar.

Artikel Terkait
1 daripada 7

Sementara untuk bawang putih, tahun 2018 produksi mencapai 13.179,10 ton, dan tahun 2019 sebesar 24.097,7 ton.

Kebutuhan konsumsi bawang putih dalam negeri adalah 500 ribu ton per tahun atau sekitar 47 sampai 48 ribu ton per bulan.

Tapi produksi dalam negeri belum mampu memenuhi, sehingga untuk mencukupinya, didatangkan melalui pasokan dari luar negeri.

Pada tahun 2019, jumlah bawang putih yang di impor sebanyak 465.344 ton, turun dibandingkan tahun sebelumnya, 581.077 ton.

“Bawang putih kita memang berbeda dengan  bawang putih impor. Agak kecil memang tapi aromanya lebih sedap, lebih tajam, lebih kuat dibandingkan yang ada. Oleh karena itu kembangkan terus,” ujar SYL.

Mengenai kelangkaan dan kenaikan harga bawang putih, menurut Mentan SYL, pihaknya akan mendorong bersama Kementerian lain agar mengambil sebuah sikap.

“Walaupun sebenarnya tugas Kementan mempersiapkan produksi. Produksi sudah siap, bagaimana supply dan demand, bukan hanya Kementan, perlu juga pihak lain termasuk para Gubernur dan Bupati,” tegas SYL.

Di kesempatan yang sama, Bupati Temanggung, H. Muhammad Al Khadziq menjelaskan, bahwa di tahun 2020, ada sekitar 3 ribu hektar areal pertanaman bawang putih, dimana setengahnya dibiayai oleh APBN melalui Kementan.

“Pemkab Temanggung siap mendukung perluasan tanaman bawang putih. Kami menyiapkan lahan, petani dan bibit. Untuk kepentingan bawang putih nasional, Pemkab Temanggung selalu siap,” tandas Al Khadziq. (Edi Triyono)


Pasang Iklan Gratis @ jakartakita.com - klik iklan.jakartakita.com

Interested in writing for Jakartakita.com? We are looking for information and opinions from experts in a variety of fields or others with appropriate writing skills.
The content must be original on the following topics: lifestyle (beauty, fashion, food), entertainment, science & technology, health, parenting, social media, and sports.
Send your piece to redaksi@jakartakita.com

Open chat
1
Hello can we help you?