Jakartakita.com
Berita Jakarta, Info Jakarta Terkini, Berita Nasional, Bisnis Jakarta

Diabetasol Dukung Peran Keluarga Menjadi Caregiver Bagi Penyandang Diabetes

1,967
foto : ilustrasi (ist)

Jakartakita.com – Di peringatan World Diabetes Day (WDD) atau Hari Diabetes Sedunia pada November 2020 lalu, KALBE Nutritional melalui produk Diabetasol, mengambil langkah strategis untuk melibatkan keluarga dalam edukasi diabetes, untuk mengatasi hambatan edukasi akibat pandemi COVID-19.

Di peringatan WDD tersebut, Diabetasol menawarkan solusi mini edukasi virtual di seluruh Indonesia agar interaksi diabetesi, caregiver dan tenaga medis bisa kembali intensif, meskipun tidak ada tatap muka secara fisik.  

Asal tahu saja, penanganan diabetesi di masa pandemi mengalami banyak hambatan, baik akibat langsung risiko infeksi COVID-19, maupun akibat tidak langsung dari adanya pembatasan sosial.

Kehadiran pandemi COVID-19 membuat sejumlah aktivitas manajemen diabetes menjadi terhambat hampir di seluruh Indonesia.

Misalnya senam diabetes, pertemuan-pertemuan edukasi diabetes, bahkan konsultasi tatap muka antara dokter dengan diabetesi juga menjadi hal yang menjadi semakin sulit dilakukan.

Di sisi lain, orang lanjut usia dan orang dengan penyakit penyerta seperti penyakit diabetes lebih rentan mengalami risiko komplikasi bila terinfeksi COVID-19.

Menurut data Satgas Penanganan COVID-19, diabetes adalah penyakit penyerta atau komorbid kedua terbanyak di Indonesia.

Di sinilah peran keluarga sebagai caregiver menjadi penentu dalam keberhasilan manajemen diabetes di masa pandemi.

Meskipun dengan panduan dokter yang lebih minim, namun dengan dukungan, bantuan dan pengawasan dari keluarga, diabetesi tetap bisa patuh pada gaya hidup sehat dan mengonsumsi asupan nutrisi untuk diabetes yang memadai.

Keluarga juga bisa mengadakan sesi olahraga bersama agar menstimulasi diabetesi untuk tetap aktif bergerak.

“Kondisi pandemi mengharuskan penyandang diabetes lebih waspada dan berhati-hati untuk menjaga gula darahnya. Diabetasol sebagai produsen nutrisi khusus diabetes hadir dengan solusi yang memudahkan diabetesi dan keluarga menjalani pola makan yang sehat untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya dengan kalori terukur. Diabetasol diformulasikan khusus dengan nutrisi lengkap dan seimbang yang dapat membantu memenuhi nutrisi bagi penyandang diabetes setiap hari, sehingga mempermudah tugas caregiver untuk menjaga diabetesi,” papar Tunghadi Indra, Director of Special Needs and Healthy Lifestyle Nutrition KALBE Nutritional, seperti dilansir dalam siaran pers, baru-baru ini.

Di kesempatan yang sama, Executive Committee Member IDF Western Pacific Region (2009-2011 & 2012-2015) Prof. Dr. dr. Sidartawan Soegondo, Sp.PD, KEMD, FACE, menggarisbawahi pentingnya anggota keluarga memiliki pengetahuan memadai tentang diabetes agar mampu mendukung diabetesi dengan optimal.

“Beberapa hal yang dibutuhkan anggota keluarga di antaranya pengetahuan dasar tentang penyakit diabetes, strategi mengubah rutinitas, cara yang subtle untuk mengatasi aspek emosional diabetesi, serta bagaimana membangun kemandirian diabetesi agar tidak tergantung pada orang lain. Selain itu, keluarga perlu memiliki pengetahuan memadai mengenai perawatan dan manajemen diabetes yang tepat. Caregiver harus mampu berada di depan melatih gaya hidup baru pada diabetesi, harus bisa berada di samping sebagai teman dan partner dalam mengubah gaya hidup, serta dari belakang menjadi pendorong motivasi diabetesi untuk patuh dan disiplin. Salah satu contoh adalah saat menyusun pilihan makanan yang sehat dan rencana makan yang ramah diabetes dengan beragam makanan, sehingga membantu memastikan diabetesi mendapatkan jumlah protein, lemak, dan karbohidrat yang tepat, serta terhindar dari kebosanan,” papar Prof. Sidartawan. 

Tak kalah penting bagi diabetesi, lanjutnya, untuk bersama-sama teman atau keluarga menjalani gaya hidup lebih sehat.

Menurutnya, penyandang diabetes dapat ditawarkan untuk memulai program latihan atau menerapkan kebiasaan makan yang lebih baik.

Agar penyandang diabetes tidak merasa sendirian, temani saat mengunjungi dokter, berolahraga bersama mereka, termasuk ikut hadir dalam kelompok pendukung diabetes.

Artikel Terkait
1 daripada 65

Bergabung dengan kelompok pendukung diabetes memberikan kesempatan bagi keluarga untuk belajar memberi dukungan yang tepat dalam mengatasi dampak fisik penyakit diabetes, maupun dampak psikologisnya. 

Ditambahkan, didiagnosis menyandang diabetes memang bisa menjadi beban pikiran bagi setiap orang karena ada risiko komplikasi yang bisa terjadi.

Oleh karena itulah, keluarga, teman dan kerabat diabetesi harus mampu menjaga agar diabetesi tetap berpikir positif dan memotivasinya untuk hidup sehat, bahkan menemaninya jika perlu.

Diabetesi akan cenderung memikirkan kemungkinan terjadinya komplikasi yang bisa berdampak fatal seperti kelumpuhan, kebutaan atau bahkan meninggal dunia. Keluarga, teman dan kerabatlah yang harus mampu mendukung diabetesi secara konsisten untuk terus positif dan menghindari pikiran-pikiran negatif.

“Intinya, penyelesaian masalah diabetes terkait perubahan perilaku dan membangun sinergi positif antar anggota masyarakat, pemerintah dan tenaga profesional kesehatan, bahkan media massa untuk menumbuhkan iklim yang kondusif pada aspek pencegahan dan perubahan perilaku di tingkat individu, keluarga dan masyarakat.

“Di level keluarga, kita terus mempromosikan peran caregiver, mulai dari manajemen, perawatan, pencegahan dan pendidikan diabetes serta meningkatkan kesadaran akan dampak diabetes pada anggota keluarga lain dan jaringan pendukung mereka yang terdampak,” imbuh Prof. Sidartawan.

Lebih lanjut Prof. Sidartawan juga menyampaikan pentingnya kehadiran komunitas masyarakat sadar diabetes dan keluarga peduli diabetes untuk meningkatkan kewaspadaan dan kesiagaan masyarakat dalam mengendalikan diabetes.

Dengan prevalensi yang begitu tinggi, jelas dia, maka setiap orang pasti memiliki keluarga atau kerabat yang menderita diabetes, baik yang telah didiagnosis atau bahkan yang belum terdiagnosis.

Untunglah kini berbagai sumber pengetahuan bisa dimanfaatkan penyandang diabetes dan keluarga atau caregiver sudah tersedia daring dan cukup jelas, seperti di https://diabetasol.com, sehingga setiap orang bisa mempelajari cara pengendalian dan pengelolaan diabetes.

Sementara itu, dalam peringatan WDD 2020 ini, Diabetasol juga menyampaikan donasi senilai Rp 500 juta sebagai program CSR bagi para caregiver dan tenaga kesehatan yang distribusinya bekerja sama dengan PERSADIA dan Pandu Diabetes.

Diabetasol sebagai nutrisi pengganti makan

Berbeda dengan susu lain, Diabetasol merupakan nutrisi pengganti makan untuk membantu menjaga gula darah para penyandang diabetes yang juga dapat mengurangi risiko komplikasi yang disebabkan COVID-19.

Diabetasol memiliki nilai indeks glikemik rendah yang sesuai bagi diabetesi. Indeks glikemik merupakan suatu angka yang menunjukkan potensi kenaikan kadar gula karena mengonsumsi suatu jenis karbohidrat.

“Diabetasol rendah indeks glikemik sehingga mencegah lonjakan gula darah, memberikan ketersediaan energi lebih lama, dan memberikan rasa kenyang,” jelas Tunghadi Indra.

Selain itu, sambungnya, Diabetasol mengandung Vita Digest Pro dan karbohidrat lepas lambat untuk membantu menjaga gula darah. Dilengkapi dengan Protein & Vitamin A, C, D, E, dan Zinc untuk membantu menjaga daya tahan tubuh.

Selain itu, Diabetasol juga mengandung sumber kalsium untuk menjaga kesehatan tulang bagi penyandang diabetes. 

“Penyandang diabetes disarankan mengonsumsi Diabetasol 2 kali sehari pada pagi dan malam hari sebanyak 4 sendok takar untuk satu kali konsumsi untuk membantu menjaga gula darah dan daya tahan tubuh agar terhindar dari risiko komplikasi COVID-19. Bersama Diabetasol, bantu jaga gula darah,” tandas Tunghadi Indra. 


Pasang Iklan Gratis @ jakartakita.com - klik iklan.jakartakita.com

Interested in writing for Jakartakita.com? We are looking for information and opinions from experts in a variety of fields or others with appropriate writing skills.
The content must be original on the following topics: lifestyle (beauty, fashion, food), entertainment, science & technology, health, parenting, social media, and sports.
Send your piece to redaksi@jakartakita.com

Open chat
1
Hello can we help you?