Jakartakita.com
Berita Jakarta, Info Jakarta Terkini, Berita Nasional, Bisnis Jakarta

Begini Caranya Install Ulang Laptop Sendiri Dengan Mudah

0 3,495

Tiket Pesawat Murah Airy

Jakartakita.com – Banyak orang yang mencari bagaimana cara install ulang laptop. Sebab, apabila laptop sedang bermasalah install ulang menjadi cara untuk memperbaikinya. Sebenarnya ada beberapa alasan kenapa laptop diinstall ulang, seperti laptop sering error sehingga menghambat performanya, sistem Windows yang digunakan kurang kompatibel dengan perangkat laptop, ingin update sistem operasi Windows terbaru atau bisa karena laptop lemot. Lalu, bagaimana caranya? Inilah langkah-langkah yang bisa Anda ikuti:

Persiapan Sebelum Install Ulang Laptop

Proses install ulang laptop tidak bisa dilakukan dengan mendadak karena ada banyak persiapan yang harus dilakukan. Berikut beberapa persiapan tersebut:

1. Backup File Penting

Sebelum proses install ulang dimulai Anda harus melakukan back up file-file penting. Hal ini dikarenakan saat proses install file bisa saja terhapus. Maka dari itu, simpan file tersebut di flashdisk maupun hardisk eksternal. Selain itu, Anda juga bisa menyimpannya dengan menggunakan media penyimpanan cloud.

2. Menyimpan Serial Number

Hampir semua program yang di instal di laptop memiliki serial number, terutama untuk program berbayar. Sebelum Anda memulai proses install sebaiknya lebih dahulu menyimpan serial number. Keberadaan serial number ini sangat penting untuk mengembalikan program setelah proses instal ulang laptop selesai dilakukan.

3. Mempersiapkan Driver

Apabila Anda menggunakan sistem operasi Windows 10 maka tidak perlu untuk mempersiapkan driver. Tetapi jika tidak menggunakan Windows 10 maka perlu mempersiapkan driver. Cara untuk mendapatkan driver cukup mudah yaitu dengan mencarinya di internet atau copy dari teman. Driver perlu dipersiapkan lebih dahulu karena dalam mendownload semua driver membutuhkan banyak waktu.

Artikel Terkait
1 daripada 9

Cara Install Ulang Laptop

Anda bisa melakukan proses install ulang laptop dengan download di internet. Dimana bisa dimulai dengan mendownload file instalasi dulu. Setelah selesai di download, file akan tersimpan di komputer dengan format .iso. Jika sudah siap, maka lanjutkan dengan langkah-langkah instalasi seperti berikut:

  • Pertama, periksa spesifikasi perangkat lalu pastikan kompatibel dengan sistem yang akan diinstal
  • Tentukan sistem operasi default pasca instalasi, Anda bisa memakai Linux, Windows atau Ubuntu
  • Setelah itu, Anda akan melihat opsi boot installation, drive dan juga reboot. Nantinya Anda akan memasuki Setting BIOS dan ditampilkan pada opsi Common Setup Keys yang meliputi F2, F10, F12 dan juga Delete
  • Tekan tombol Delete dan juga F2 apabila tetap tidak terlihat halaman setting
  • Cari “Boot Order” untuk memudahkan navigasi kursor saat proses install ulang
  • Pilih lokasi darimana Anda ingin menginstal laptop. Biasanya akan ditampilkan lokasi-lokasi yang dijadikan opsi peletakan data instalasi
  • Apabila menggunakan disk drive akan diberi label CD-ROM. Sedangkan drive eksternal akan muncul pilihan removable devices
  • Tekan tombol + untuk memprioritaskan pilihan lokasi data instalasi laptop
  • Save dan exit lalu tekan tombol enter pada opsi Yes
  • Ikuti petunjuk yang ada di layar untuk memastikan bahwa langkah yang dilakukan terdisplay dalam on screen direction sudah sesuai dengan langkah yang Anda lakukan secara manual
  • Restart laptop

Setelah proses install ulang laptop selesai dilakukan maka Anda perlu melakukan set-up kembali, salah satunya mengaktifkan WiFi. Bagaimana cara mengaktifkan WiFi di Laptop? Berikut caranya:

1. Menggunakan Tombol WiFi

Cara yang pertama ini menjadi yang paling mudah untuk mengaktifkan WiFi. Bahkan beberapa jenis laptop juga menyediakan tombol khusus untuk menghidupkan ataupun mematikan WiFi. Tombol tersebut biasanya terletak di atas atau di samping keyboard. Untuk mengaktifkannya yaitu dengan menekan tombol tersebut. Biasanya tombol ini dilengkapi dengan lampu indikator yang akan menyala ketika WiFi aktif.

2. Menggunakan Tombol FN

Jika laptop Anda tidak dilengkapi dengan tombol khusus untuk WiFi maka bisa menggunakan tombol Fn. Tombol function berupa kode F1 hingga F12. Untuk mengaktifkannya tinggal mencari tombol FN yang terdapat simbol WiFi di atasnya. Biasanya setiap merek laptop letak simbol WiFi tidak sama. Setelah ketemu langsung saja tekan tombol Fn dan tombol function yang terdapat simbol WiFi secara bersamaan. Selain itu, Anda juga bisa menekan tombol simbol WiFi selama beberapa detik.

Nah itulah informasi tentang cara install ulang laptop sekaligus cara untuk set up wifi. Diharapkan informasi diatas bisa membantu Anda yang ingin menginstall ulang laptop sendiri.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tinggalkan komen

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More