Jakartakita.com
Berita Jakarta, Info Jakarta Terkini, Berita Nasional, Bisnis Jakarta

Ingin Beli HP Gaming? Ini 7 Kriteria yang Harus Diperhatikan

0 1,426

Tiket Pesawat Murah Airy

Jakartakita.com – Ponsel diciptakan tidak hanya untuk menunjang komunikasi saja. Perangkat ini juga dikembangkan untuk menunjang aktivitas hobi seperti gaming yang sekarang digandrungi oleh millennial dan generasi Z.

HP gaming biasanya memiliki perangkat keras dan perangkat lunak yang mutakhir. Pada HP Samsung A30 spesifikasi yang ditawarkan memenuhi semua aspek tersebut.

Jika Anda ingin tahu apa saja kriteria dan spesifikasi yang cocok untuk HP gaming secara umum? Simak selengkapnya berikut ini!

1. Chipset Mumpuni dan Ngebut

Bagi orang awam, salah satu kriteria yang sering digunakan saat akan beli HP gaming adalah chipset mumpuni. Setiap HP memiliki chipset yang terdiri dari prosesor dan kartu grafis. Ada pabrikan yang menyematkan prosesor teranyar dan ada juga yang pakai varian paling ngebut.

Saat ini jenis prosesor yang paling sering digunakan adalah Snapdragon varian 700 ke atas atau Mediatek. Prosesor ini hadir pada ponsel mid-end ke atas termasuk flagship yang dikeluarkan oleh ponsel Samsung dan brand lain.

Selain prosesor yang akan membantu game jadi ngebut saat dimainkan. Kartu grafis yang digunakan juga sedikit banyak membantu dalam permainan. Semakin berkualitas varian hardware yang digunakan, grafis pada game juga semakin mulus.

2. RAM dan Memori Internal Lega

Random access memory atau RAM juga memegang peranan penting dalam mengoperasikan game. Biasanya setiap aplikasi game memberikan syarat RAM dengan ukuran tertentu agar bisa dimainkan secara optimal. Ada yang memberi syarat minimal 2 GB dan ada yang minimal 3 GB.

Apabila Anda ingin membeli HP yang difungsikan untuk gaming atau aktivitas berat lainnya, ada baiknya memilih RAM minimal 3 GB. Amannya jika dipakai untuk bermain game, pilih saja RAM 4 GB. Jadi, sebagian besar game berat bisa dijalankan tanpa mengalami macet.

Selanjutnya, memori internal juga penting untuk dijadikan kriteria ketika membeli ponsel gaming. Saat ini sebagian besar ponsel dengan RAM besar sudah diberi memori internal minimal 32 GB dan maksimal sampai 128 GB.

Memori yang besar cocok sekali untuk menyimpan berbagai data yang ada dalam game. Apalagi saat ini game dengan grafis HD memiliki data sekitar 2-5 GB. Jadi, semakin besar memori internal yang dimiliki akan semakin baik karena Anda tidak butuh memori eksternal.

3. Refresh Rate Layar Tinggi

Refresh rate tinggi akan membuat grafis menjadi lebih lembut saat pergantian frame. Hal ini akan membuat game jadi mudah untuk dijalankan. Apalagi grafis dari game memiliki kualitas HD. Anda tidak akan mengalami gambar patah-patah dan macet yang mengganggu.

Pada ponsel Samsung khususnya varian menengah ke atas biasanya punya refresh rate tinggi. Jadi, Anda bisa memaksimalkannya untuk bermain game atau menyunting video yang sama-sama membuat kinerja dari HP jadi terforsir.

4. Kapasitas Baterai Besar

Artikel Terkait
1 daripada 1,853

Salah satu penyedot daya terbesar dari ponsel adalah game. Apalagi jika permainan itu memiliki spesifikasi cukup tinggi. Dalam kondisi penuh sekali pun, baterai akan terkuras habis dalam beberapa jam saja.

Apabila Anda ingin membeli ponsel yang memang difungsikan untuk bermain game. Pastikan untuk selalu memilih HP dengan kapasitas baterai yang besar. Minimal berkapasitas  4.000 mAh agar bisa bermain game dengan puas.

Selain itu pastikan untuk selalu memilih ponsel yang mendukung pengisian cepat atau fast charging. Jadi, begitu dayanya habis, Anda tidak perlu menunggu lama untuk pengisian kembali.

5. Layar AMOLED yang Jernih

Saat bermain game, visual juga merupakan sesuatu yang penting. Apabila visualnya buruk, Anda tidak akan bisa menikmati semua permainan. Itulah kenapa, pilih HP dengan layar jernih seperti AMOLED yang akan menampilkan seluruh warna dengan baik.

Layar AMOLED mudah sekali didapatkan jika Anda tertarik dengan merek Samsung. Sementara itu untuk merek lain biasanya baru bisa dapat layar jernih ini jika membeli varian mid-end atau flagship.

6. Handling yang Nyaman

Selain jeroan dari ponsel yang harus mumpuni agar bisa bermain game dengan maksimal. Handling dari ponsel juga harus nyaman saat digunakan untuk bermain. Mengapa? Karena ponsel akan dipegang selama berjam-jam.

Handling yang nyaman bisa didapatkan dari ukuran yang tepat. Ponsel tidak terlalu besar atau kecil sehingga nyaman saat dipegang dengan satu tangan atau dua tangan. Selain itu, saat dipegang untuk game layar lanskap juga tidak terlalu mengganggu.

Selain dimensi dari HP, ada baiknya juga mempertimbangkan beratnya. Semakin ringan ponsel, semakin nyaman dipegang dan tidak mudah membuat capek. Terakhir, kenyamanan bahan seperti tidak mudah licin saat dipegang juga patut diperhatikan.

7. Tidak Mudah Panas Saat Dipakai

Anda bisa dengan mudah menemukan ponsel dengan kapasitas baterai mumpuni atau RAM yang lega. Namun, tidak semua ponsel pintar memiliki kemampuan untuk meredam panas. Meski menawarkan grafis juara, biasanya akan mudah panas setelah dipakai beberapa saat.

Ponsel yang cepat panas tentu tidak akan nyaman saat dipegang dalam jangka waktu lama. Itulah kenapa, Anda wajib membaca ulasan dari para pengguna apakah ponsel yang akan dibeli mudah panas dalam waktu sekejap atau butuh waktu lama.

Semua kriteria di atas harus ada untuk HP gaming. Jika tidak, ponsel akan menjadi lambat atau grafis dari game menjadi mandek. Akhirnya, Anda jadi tidak bisa menikmati permainan atau ponsel jadi tidak bisa dimaksimalkan fungsi utamanya.

Salah satu ponsel yang punya kriteria HP gaming adalah Samsung A30. Perangkat besutan dari Samsung ini menawarkan fitur yang mumpuni untuk keperluan gaming. Bahkan, untuk aktivitas lain seperti penyuntingan video juga bisa dilakukan dengan cepat dan mudah.

Jika Anda tertarik dan ingin segera memilikinya, gunakan marketplace Blibli untuk membelinya! Semua produk ponsel Samsung atau brand lain yang ada di sini original sehingga Anda tidak perlu khawatir. Apalagi semua transaksinya aman dan proses pembayaran juga mudah.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tinggalkan komen

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More