Jakartakita.com
Berita Jakarta, Info Jakarta Terkini, Berita Nasional, Bisnis Jakarta

Tanggap Covid 19 Tekan Penularan, Ikuti Tips SehatQ

0 1,974

Tiket Pesawat Murah Airy

Jakartakita.com – Penularan Covid 19 masih membayangi tiap negara, tidak terkecuali Indonesia. Rata-rata pertambahan kasus Covid 19 saja di Indonesia dalam minggu terakhir Agustus 2021 mencapai 11.662 orang. Pertambahan kasus aktif yang masih menyentuh ribuan ini menjadi pengingat siapapun harus tanggap Covid 19 agar angka penularan penyakit yang disebabkan oleh virus corona baru yang ditemukan pertama kali di Wuhan, China, pada akhir Desember 2019 ini bisa ditekan semaksimal mungkin.

Anda pun sebaiknya ambil bagian di dalam tanggap Covid 19. Sejumlah cara yang disarankan pemerintah maupun lembaga-lembaga berwenang terkait upaya meminimalkan angka penularan sebaiknya dituruti.

SehatQ juga punya segudang tips yang didasari aturan pemerintah untuk menekan angka penyebaran Covid 19. Maukah Anda bergabung untuk menjalankan tips-tips di bawah ini supaya penularan Covid 19 lekas berkurang dan kehidupan bermasyarakat bisa menuju normal kembali?

Pakai Dua Masker

Memakai masker sudah menjadi standar tanggap Covid 19 sedari awal virus ini mulai menyebar masifdi banyak negara. Sampai saat ini pun, pemakaian masker ketika bepergian ataupun ketika merasakan gejala yang mengarah ke Covid 19 masih terus ditekankan supaya pertambahan kasus Covid 19 lekas berkurang. Namun, kini yang dibutuhkan bukan hanya satu masker. Sebaiknya, Anda memakai dua masker tiap bepergian ke mana-mana. Pada lapisan pertama yang bersentuhan dengan kulit, kenakan masker medis. Lalu pada lapisan luarnya pakailah masker kain tiga lapis. Dengan cara ini, angka penularan diyakini bisa berkurang hingga 90 persen karena daya filtrasi masker semakin erat dan sulit dilewati mikroorganisme sejenis virus sekalipun.

Sering Cuci Tangan

Pandemi apapun, termasuk Covid 19, akan cepat mereda apabila Anda rajin mencuci tangan. Biasakan mencuci tangan setiap kali hendak memegang wajah atau sehabis bersentuhan dengan benda apapun. Ini untuk menghindari kemungkinan masuknya virus Covid 19 dari tangan ke dalam tubuh lewat mulut, hidung, ataupun mata. Pastikan Anda mencuci tangan minimal 20 detik dan memakai sabun antibakteri yang diusapkan ke seluruh permukaan tangan sampai sela-sela jari.

Isolasi ketika Kontak Erat

Artikel Terkait
1 daripada 291

Apabila Anda sempat berkontak erat dengan seseorang yang terdiagnosis Covid, cepat lakukan isolasi mandiri untuk beberapa hari, meskipun Anda tidak merasakan gejala yang mengarah ke Covid. Ini untuk memastikan Anda tidak menyebarkan virus Covid 19 ke orang lain. Yang dimaksud dengan kontak erat sendiri adalah kondisi ketika Anda berada dalam satu ruangan ataupun mengobrol dan berinteraksi fisik dengan orang lebih dari 15 menit.

Segera Cek ketika Alami Gejala

Jangan ragu menggunakan fitur Chat Dokter di SehatQ untuk memastikan gejala atau keluhan kesehatan yang Anda alami mengarah ke Covid 19 atau tidak. Anda juga bisa mendapatkan resep obat dan vitamin yang dibutuhkan apabila memang gejala yang dikeluhkan mengarah ke Covid 19. Saran untuk melakukan cek laboratorium maupun tes Covid 19 juga bisa direkomendasikan oleh tim dokter SehatQ.

Minimalkan Bepergian

Semakin tinggi mobilitas orang, semakin rentan virus Covid 19 menyebar. Untuk sementara, tekanlah keinginan Anda untuk bepergian jika memang tidak terlalu genting. Berdiam diri di rumah saat ini merupakan upaya tanggap Covid 19 yang terbaik bisa Anda lakukan.

Jagak Jarak Fisik

 Kalaupun Anda terpaksa bepergian, pastikan Anda menjaga jarak fisik dengan orang lain. Upayakan jarak Anda dengan orang lain minimal 2 meter untuk mencegah cipratan droplet yang mungkin terjadi. Jangan lupa selain jaga jarak fisik, Anda juga mesti menggunakan masker sesuai rekomendasi, ya.

Lakukan Vaksinasi

Saat ini sudah tersedia vaksin Covid 19. Anda bisa mendaftarkan diri untuk mendapatkan vaksin tersebut. Semakin cepat Anda memperoleh vaksinasi, semakin baik karena herd immunity bisa lebih cepat tercipta. Pemberian vaksin Covid 19 juga dapat meminimalkan risiko fatalitas ketika Anda terkena Covid 19. Jangan berharap Covid 19 cepat mereda apabila Anda tidak melakukan tanggap Covid 19. Bersama SehatQ, mari upayakan penekanan angka penularan virus Covid 19 yang dimulai dari diri sendiri.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tinggalkan komen

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More