Jakartakita.com
Berita Jakarta, Info Jakarta Terkini, Berita Nasional, Bisnis Jakarta

Tips Pilih Asuransi Kesehatan Terbaik Sesuai Kebutuhan

0 2,217

Tiket Pesawat Murah Airy

Jakartakita.com – Beberapa orang berkata jika sehat itu mahal, hal ini merujuk pada biaya rumah sakit tidaklah murah, apalagi jika harus dilakukan tindakan operasi, puluhan hingga ratusan juta rupiah akan melayang bila Anda tidak punya asuransi kesehatan. Maka dari itu, asuransi kesehatan cukup penting dimiliki setiap orang untuk melindungi tabungan Anda jika tiba-tiba sakit.

Banyaknya pilihan asuransi kesehatan di Indonesia membuat sebagian orang bingung harus mengambil yang mana. Ada beberapa tips memilih asuransi kesehatan terbaik untuk diri sendiri yang bisa Anda praktekkan. Simak ulasan berikut ini!

Pahami Kebutuhan

Sebenarnya tidak hanya ketika Anda menentukan produk asuransi kesehatan, melainkan untuk semua jenis asuransi sangat penting memahami kebutuhan. Setiap orang tentunya memiliki kondisi kesehatan dan ketahanan imun yang berbeda-beda.

Pahami apakah Anda membutuhkan perawatan khusus untuk penyakit kronis atau hanya sebagai pegangan jika tiba-tiba harus rawat inap. Maka dari itu, Anda harus tahu riwayat kesehatan diri sendiri.

Khusus bagi Anda yang suka travelling, pilihlah asuransi kesehatan yang memiliki jaringan rumah sakit lebih luas (bisa menjangkau hingga luar negeri).

Ada beberapa perusahaan asuransi yang memberikan perlindungan jiwa sekaligus untuk nasabah mereka. Jika Anda ingin berinvestasi untuk masa depan keluarga, maka asuransi kesehatan dengan perlindungan jiwa bisa dipilih.

Sesuaikan dengan Kemampuan Finansial

Kemampuan finansial juga tidak luput dari faktor-faktor ketika Anda menentukan perusahaan asuransi. Hal ini dikarenakan setiap bulan Anda harus membayar biaya premi asuransi. Maka dari itu, ambil asuransi yang sesuai dengan penghasilanmu.

Banyak perusahaan asuransi kesehatan yang memberikan biaya premi murah, namun perlu dipahami jika biaya premi ini bergantung dengan cakupan perlindungan, manfaat, fasilitas, dan lainnya.

Pilihan asuransi kesehatan tidak hanya pada perusahaan, namun juga kelas asuransi. Semakin tinggi kelas, maka fasilitas yang akan diperoleh jika harus rawat inap ketika sakit akan semakin baik. Tentunya, semakin baik fasilitasnya, harga premi yang harus dibayarkan juga semakin mahal.

Perhatikan Manfaat yang Akan Diterima

Jangan lupa untuk meneliti setiap manfaat yang akan diperoleh. Biasanya, asuransi kesehatan memberikan manfaat rawat inap dengan kelas kamar sesuai harga premi yang dipilih, obat-obatan dan rawat jalan, perawatan gigi, operasi, dan lainnya. Pelajari apa saja yang tertulis dalam polis sebelum Anda menyetujui.

Artikel Terkait
1 daripada 2,635

Perusahaan asuransi memiliki aturan sendiri-sendiri, salah satunya adalah harga premi yang harus dibayarkan. Pilih perusahaan yang memberikan layanan untuk nasabahnya mengubah premi sesuai kebutuhan. Kondisi keuangan dan kebutuhan bisa naik ataupun turun, sehingga dengan memilih perusahaan yang fleksibel maka akan lebih menguntungkan dan Anda tidak akan terbebani.

Manfaat lain yang harus Anda perhatikan adalah pilihan rumah sakit yang bekerja sama dengan perusahaan asuransi tersebut. Semakin banyak pilihan rumah sakit, maka akan semakin baik. Jangan sampai Anda memilih asuransi kesehatan yang memiliki jaringan rumah sakit sangat sedikit dan ternyata rumah sakit terpilih tidak menyediakan layanan memadai.

Cari Tahu Proses Klaim

Proses klaim tiap perusahaan asuransi kesehatan berbeda-beda, ada yang mudah dan beberapa rumit. Asuransi kesehatan dengan proses klaim yang rumit sebaiknya langsung Anda singkirkan dari daftar pilihan.

Ambil asuransi kesehatan yang tidak hanya memberikan tawaran perlindungan untuk segala macam risiko penyakit dan manfaat lainnya, namun juga perusahaan yang menerapkan proses klaim mudah dan tidak bertele-tele.

Dengan begitu, jika sewaktu-waktu membutuhkan asuransi, maka tidak membuang waktu dan tenaga banyak. Anda atau keluarga yang sakit bisa langsung ditangani rumah sakit.

Membandingkan dengan Pilihan Lain

Ketika akan menentukan asuransi kesehatan, sebaiknya untuk tidak tergesa-gesa. Ada banyak pilihan asuransi yang bisa Anda pilih, bandingan terlebih dahulu antar perusahaan penyedia asuransi kesehatan mana yang paling menguntungkan menurut Anda.

Jika memungkinkan, buatlah tabel perbandingan. Dengan begitu, Anda dapat menyeleksi lebih mudah dan mengetahui perbedaannya tiap-tiap produk asuransi. Anda dapat mengajukan pertanyaan pada customer service atau bertanya ke  konsultan asuransi yang terpercaya. Cara ini cukup berhasil untuk mendapatkan informasi lengkap dan jelas tentang calon asuransi kesehatan yang akan dipilih.

Melihat rekam jejak dari pengguna sebelumnya juga penting untuk dilakukan. Anda bisa mencari berita dari berbagai sumber. Jangan hanya melihat dari harga yang murah dan tawaran yang diberikan saja, pertimbangkan reputasi perusahaan juga.

Jangan Menunda untuk Daftar Asuransi Kesehatan

Banyak orang yang sadar jika asuransi kesehatan sangat penting ketika mereka sudah sakit. Terlambatnya mendaftar asuransi kesehatan membuat mereka harus mengeluarkan uang yang tidak sedikit, apalagi jika harus ada tindakan operasi. Tentu saja hal serupa tidak ingin terjadi pada Anda dan keluarga.

Hampir semua perusahaan asuransi kesehatan tidak akan menanggung biaya berobat jika nasabah mereka sudah sakit sebelum memiliki asuransi. Maka dari itu, segera daftar asuransi kesehatan untuk diri Anda dan keluarga saat masih sehat.

Sekarang, Anda bahkan bisa mendapatkan asuransi kesehatan dengan lebih mudah lewat Traveloka Protect. Tidak perlu datang ke kantor asuransi, cukup isi data diri dari rumah secara online di aplikasi Traveloka, Anda langsung bisa mendapatkan asuransi sesuai kebutuhan dengan harga yang terjangkau.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tinggalkan komen

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Open chat
1
Hello can we help you?