Take a fresh look at your lifestyle.

Menara Bank Danamon Raih Platinum Greenship Certification

0 2,053
foto : dok. Bank Danamon

Jakartakita.com – PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Danamon) menerima sertifikasi Greenship Certification, Platinum atau Sertifikasi Platinum Bangunan Hijau untuk Menara Bank Danamon yang diadakan di Menara Bank Danamon Jakarta, Senin, 21 Maret 2022.

Acara penyerahan plakat dan sertifikat ini dihadiri secara langsung oleh Herry Hykmanto selaku Direktur Syariah Danamon, Iwan Prijanto selaku Ketua Green Building Council Indonesia, konsultan PT Narama Mandiri dan PT Colliers International, bersama perwakilan tim Corporate Real Estate Management dan Sustainability Finance Danamon.

Sebagai salah satu negara yang menghadapi risiko perubahan iklim terbesar, Indonesia berkomitmen untuk mengurangi emisi karbon sebesar 29% di tahun 2030.

Melihat hal tersebut, dan mengingat urgensi isu keberlangsungan yang kian penting, Danamon pun ikut berkomitmen dalam mendorong penerapan sustainable finance dengan membentuk Sustainability Committee sejak tahun 2019.

Komite ini didirikan untuk mengimplementasikan lima prioritas rencana program yang merupakan bagian dari keinginan Danamon dalam memenuhi ketentuan dalam POJK Nomor 51/POJK.03/2017 tentang Penerapan Keuangan Berkelanjutan Bagi Lembaga Jasa Keuangan, Emiten, dan Perusahaan Publik.

“Danamon merasa sangat terhomat dan berterima kasih atas penganugerahan sertifikasi Greenship, Platinum untuk Menara Bank Danamon dari Green Building Council Indonesia. Sertifikasi ini merupakan buah dari upaya kami untuk senantiasa mewujudkan komitmen terhadap keberlanjutan melalui penerapan Sustainable Finance. Dalam kesempatan yang luar biasa ini pula, saya dengan bangga mengungkapkan bahwa Danamon adalah bank pertama di Indonesia yang mendapatkan sertifikasi Greenship Platinum untuk kategori Kantor Pusat,” ujar Herry Hykmanto, Direktur Syariah Danamon, seperti dilansir dalam keterangan pers, Selasa (22/3).

Related Posts
1 daripada 4,343

Selaras dengan tujuan dan semangat keberlanjutan yang diusung, serta sebagai bagian dari keluarga besar MUFG yang memiliki komitmen kuat dalam hal Carbon Neutrality, Danamon juga bertanggung jawab dalam mendukung inisiatif-inisiatif terkait Carbon Neutrality.

Hal ini demi memenuhi ketentuan dan arahan dari pemerintah serta pihak regulator, sekaligus menjaga keselarasan dengan MUFG.

Salah satu langkah yang dilakukan Danamon adalah  melakukan perkiraan emisi Gas Rumah Kaca secara grup, termasuk anak perusahaan, Adira Finance, sehingga pada tahun fiscal 2021, Danamon berhasil menurunkan kadar emisi sebesar 24,6% sejak tahun 2019 sehingga berada di 45.3K CO2e Metrik Ton.

“Danamon percaya bahwa keberlanjutan adalah hal yang sangat penting untuk diperhatikan agar kita dapat melestarikan lingkungan hidup yang sehat demi anak cucu kita di masa depan. Danamon juga yakin bahwa penerapan Sustainable Financing akan memiliki dampak yang positif, tidak hanya bagi kehidupan kita sebagai individu, tetapi juga berbagai sektor bisnis dan perekonomian,” tambah Herry.

Ke depannya, lanjut Herry, Danamon akan terus mengembangkan inisiatif strategis dan tindakan sistematis untuk mengurangi emisi dalam kegiatan operasional.

Beberapa pendekatan yang akan diwujudkan, di antaranya seperti; penghematan tenaga listrik, pembuatan tenaga listrik secara mandiri melalui penggunaan panel surya, dan pembelian Renewable Energy Certificates (REC).

Selain itu, Danamon juga akan berfokus pada berbagai pembiayaan yang bertujuan untuk mendukung keberlanjutan, seperti pemasangan panel surya sebagai sumber energi terbarukan, serta transisi pada penggunaan baterai dan kendaraan elektrik yang juga memberikan manfaat berupa penghematan tenaga listrik dan bahan bakar.

Tampak dalam foto : (Dari kiri ke kanan) Wibowo Edi Santosa, Corporate Real Estate Management Head, PT Bank Danamon Indonesia Tbk; Naoki Mizoguchi, Global Alliance Director, PT Bank Danamon Indonesia Tbk; Iwan Prijanto, Ketua Green Building Council Indonesia; Herry Hykmanto, Direktur Syariah PT Bank Danamon Indonesia Tbk; Monika Setiawan, Property & Facility Management Specialist, PT Bank Danamon Indonesia Tbk; dan Muhamad Fadli Nugraha, Property & Facility Management Specialist, PT Bank Danamon Indonesia, berfoto bersama usai acara Penyerahan Sertifikasi Platinum Bangunan Hijau untuk Menara Bank Danamon yang diadakan di Menara Bank Danamon, Jakarta, 21 Maret 2022.

Tinggalkan komen