Take a fresh look at your lifestyle.

Bikin Anak Pede dengan Berlatih Futsal

0 10,856

Jakartakita.com – Bermain dan berlatih futsal ternyata tidak hanya menjadikan tubuh sehat atau menjadikan anak jago mengolah si kulit bundar. Berlatih futsal ternyata punya manfaat lain, salah satunya adalah meningkatkan kepercayaan diri anak. 

Itulah target Bogor Junior Futsal School, klub futsal anak-anak di Bogor, Jawa Barat. “Bogor Junior didirikan untuk membantu anak-anak mendapatkan dan meningkatkan kepercayaan diri. Banyak sekali anak-anak di Indonesia ini memiliki masalah dengan kepercayaan diri,” kata Direktur Utama Bogor Junior Futsal School, Alan Riadi, dalam kegiatan Bogor Junior Day 2 di Bogor, Jawa Barat, Sabtu 25 Juni 2022. 

Alan, yang merupakan mantan pemain profesional futsal itu menuturkan bahwa latihan futsal tidak semata untuk menyiapkan calon atlet. “Tidak sekerdil itu yah, tidak cuma untuk menjadikan anak jago main bola atau jadi atlet. Itu hanya bonus lah. Tapi yang lebih penting lagi, futsal itu bisa meningkatkan karakter dan mentalitas anak-anak. Harapannya, mentalitas yang baik itu akan dimiliki dan terbawa hingga mereka dewasa,” ujar Alan. 

Untuk bisa membantu anak-anak mendapatkan kepercayaan diri, Bogor Junior pun memiliki metode latihan yang berbeda. Bogor Junior mengombinasikan antara latihan futsal atau soccer development dengan character building.

“Kami memiliki metode pelatihan yang berbeda dari sekolah sepakbola biasa. Pelatihan character building kami buat sendiri, seperti pelatihan percaya diri pada anak untuk mengasah rasa percaya diri dan pelatihan fokus untuk mengasah konsentrasi anak,” jelas Alan.

Related Posts
1 daripada 7,424

Saat ini, Bogor Junior sudah memiliki sekitar 500 member, yang terdiri dari kelas balita hingga usia remaja. “Pendidikan karakter itu perlu diedukasikan sejak usia dini. Banyak banget manfaatnya lho, anak jadi bisa untuk bersosialisasi, belajar berkompetisi, belajar untuk sportif, dan yang terpenting anak jadi tidak membully karena sudah diedukasikan tentang pertemanan sedari dini,” ujar Alan. 

Tidak cuma itu, Bogor Junior juga memiliki beberapa member anak berkebutuhan khusus. Ada ADHD, autisme, down syndrome, tuna rungu dan tuna grahita. Alhamdulillah mereka bisa beradaptasi dan berproses dengan baik. 

“Saya dan partner saya juga disabilitas. Jadi kami akan senang sekali membantu anak-anak berkebutuhan khusus untuk bisa mendapatkan kepercayaan diri,” kata Alan.

Faisal, seorang member Bogor Junior mengatakan bahwa dirinya tak menyangka anaknya yang pemalu bisa berproses dengan baik setelah berlatih di Bogor Junior. “Anak saya itu pemalu banget. Di awal latihan, dia sampai harus ditemani terus oleh saya ke dalam lapangan. Tapi, kurang dari sebulan, kepercayaan dirinya muncul dan sekarang pedenya sudah muncul, bahkan kalau di kelas dia mau untuk maju ke depan kelas,” ujar Faisal. 

Ferry, member lainnya mengaku puas dengan metode latihan di Bogor Junior. “Saya ini datang jauh-jauh dari Bekasi ke Bogor untuk ke Bogor Junior aja. Sudah hampir 1 tahun latihan di sini dan saya sangat puas melihat perkembangan anak saya,” ujarnya. 

“Di sini juga seru banget, coachnya banyak dan sabar. Menjaga banget prokes. Setiap 6 bulan ada acara yang ditunggu-tunggu banget, yaitu Bogor Junior Day, bikin turnamen internal antar anak-anak,” Ferry menambahkan.

Tinggalkan komen