Jakartakita.com
Berita Jakarta, Info Jakarta Terkini, Berita Nasional, Bisnis Jakarta

Hanan Attaki CoFounder KITA Gelar Forum Bahas Tiga Isu Utama : Food, Waste & Energy

0 419

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tiket Pesawat Murah Airy

Jakartakita.com – KITA Forum 2022 menggelar sebuah acara yang menyatukan para social entrepreneurs, content creators, dan korporasi dengan mengusung tema kepedulian publik terhadap masalah sosial dan lingkungan (Energi, Pangan & Sampah)

Hanan Attaki selaku CoFounder KITA mengatakan Semakin menipisnya energi berbasis fosil, mendorong banyak negara untuk mencari energi terbarukan.

Indonesia sebenarnya menyimpan begitu banyak sumber energi terbarukan, mulai dari air, angin, geothermal, surya, hingga biomassa. Sayangnya pemanfaatan energi terbarukan ini masih Sangat kecil persentasenya atau kurang dari 3%.

Selain itu, Hanan juga menyinggung masalah sampah. Bangsa Indonesia tercatat sebagai kontributor sampah laut kedua terbesar di dunia.

Foto: Jakartakita.com/Edi Triyono

Menurut Hanan, ironisnya sekitar 70% dari bobot sampah yang dihasilkan tersebut adalah sampah makanan yang bernilai tidak kurang dari Rp 330 Triliun setahun. Tantangan tersebut menjadi pemicu diadakannya KITA Forum 2022 yang akan mengetengahkan 3 isu utama yaitu : Food, Waste dan Energy.

KITA Forum 2022 bertujuan untuk membuat ruang pertemuan dan kolaborasi bagi para social entrepreneur, content creators dan korporasi. Kenapa? Karena ketiganya yang paling berpotensi untuk bekerjasama menjadikan tantangan sebagai kesempatan berkarya,” ucap Hanan.

Dia menuturkan, Social entrepreneur menggunakan pendekatan bisnis untuk penuntasan problem sosial. Adapun Content creator punya kemampuan memunculkan narasi baru dan mengangkat kepedulian publik atas segala hal yang diperjuangkan oleh social entrepreneur.

Artikel Terkait
1 daripada 5,444

Sementara korporasi punya dana dan kedisiplinan menjadikan inisiatif kecil jadi besar, dan hal besar jadi berskala raksasa. Ketiganya adalah pilar utama ekosistem bisnis sosial yang berkesinambungan.

Dengan digelarnya KITA Forum 2022 ini, diharapkan bisa tercipta kolaborasi dan solusi atas permasalahan sosial di Indonesia yang melibatkan tiga elemen, yaitu social entrepreneur, content creator, dan korporasi. Forum ini hadir untuk memberi ruang kepada mereka agar bisa bekerja sama supaya dapat memberikan dampak yang lebih besar terhadap isu food, waste, energy,” ucap Hanan saat jumpa pers KITA Forum 2022 di Stuja Coffee Cipete, Jakarta Selatan, Jum’at (23/9).

Sementara itu, salah satu inisiator KITA Rene Suhardono menambahkan, ekosistem bisnis sosial di Indonesia perlu dibangun. Rene menyinggung tentang PT Tamaris Hidro yang sekarang memiliki 13 pembangkit di Pulau Jawa dan Sumatra.

Sebagai perusahaan pembangkit minihidro, sambung dia, mereka sudah mengajak para anak muda untuk mewujudkan potensi alam menjadi energi terbarukan. Dia mengaku, pernah mengunjungi site Tamaris di Desa Huta Tuam, Kabupaten Tapanuli Utara, Sulawesi Utara.

Menurut dia, ide usaha sosial yang dirintis seorang warga akhirnya bisa menjadi kenyataan setelah dipertemukan dengan korporasi. Hasilnya, sebuah desa yang selama 77 tahun belum teraliri listrik akhirnya warganya bisa merasakan merdeka dengan mendapatkan aliran listrik dari tenaga hidro.

“Dari pemikiran kecil, daerah yang belum pernah dapat listrik sejak republik ini merdeka akhirnya teraliri listrik,” pungkas Rene.

Forum ini akan diramaikan oleh : Hanan Attaki (KITA Barisan Bersama), Umi Waheeda (Nurul Iman), Yanuar Nugroho (Koordinator Tenaga Ahli Sekretariat Nasional SDGs di Kementerian PPN/Bappenas.), Silverius Onte (Jauh), Moh Syahrial (Tamaris Hidro), Wida Septarina (Foodbank of Indonesia), Abdul Latif (Kepul.ID), Fahri Reza (Jubelo.ID), dan Jusrian Saubara (Arconesia). Jalannya forum juga akan dipandu oleh (host) oleh Raffi Ahmad, Rene Suhardono dan Dena Haura. Peserta juga akan dihibur oleh komika kondang Mo Sidik.

KITA Forum 2022 akan diselenggarakan pada Minggu, 2 Oktober 2022 di Ciputra Artpreneur Lotte Avenue Jakarta. (Edi Triyono)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tinggalkan komen

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More