Jakartakita.com
Berita Jakarta, Info Jakarta Terkini, Berita Nasional, Bisnis Jakarta

Project CAP 2 PT South Pacific Viscose Catat 1 Juta Jam Kerja Tanpa Kecelakaan

0 891
foto : istimewa

Jakartakita.com – PT South Pacific Viscose (SPV) baru saja mencatatkan pencapaian positif yang diraih oleh perusahaan perihal keamanan dalam bekerja.

Pada 6 September 2022 lalu, SPV berhasil mencatatkan 1 juta jam kerja tanpa kecelakaan dalam pengerjaan project CAP 2.

Project CAP 2 adalah projek pengurangan emisi sulfur yang merupakan bagian dari SPV Future Project yang bertujuan untuk mewujudkan produk eco-responsible viscose bernama LENZING™ ECOVERO™.

Pencapaian ini menjadi catatan penting bagi SPV, mengingat SPV adalah perusahaan yang melihat keamanan dalam bekerja menjadi suatu hal yang penting untuk diterapkan oleh perusahaan.

SPV sebagai bagian dari Lenzing Group yang terus mengedepankan praktik keberlanjutan, tentu sangat memberikan perhatian terkait safety and security.

“SPV melihat bahwa keamanan dalam lingkungan kerja merupakan hal yang penting diterapkan oleh perusahaan. Kami juga selalu memperhatikan betul terkait keamanan dan keselamatan dalam bekerja di lingkungan kerja SPV dan kini SPV telah mencatatkan 1 juta jam kerja tanpa terjadi kecelakaan,” jelas Sri Aditia, Presiden Direktur PT South Pacific Viscose, dalam keterangan pers, Rabu (28/9).

Asal tahu saja, sebelumnya, SPV sempat diberikan penghargaan Program Pencegahan dan Penanggulangan COVID-19 di Tempat Kerja dengan kategori Platinum di di Kantor UPTD Pengawasan Ketenagakerjaan Wilayah II yang berlokasi di Karawang Barat pada 10 Juni 2022.

Program pencegahan dan penanggulangan COVID-19 ditempat kerja juga merupakan bentuk sikap SPV dalam memperhatikan keamanan dalam lingkungan kerja bagi para pegawainya.

Keamanan dalam bekerja merupakan hal vital terlebih untuk keberlangsungan bisnis perusahaan.

SPV memahami hal ini sehingga terus memperhatikan terkait keamanan dan keselamatan para karyawan mereka di lingkungan kerja.

“SPV sebagai bagian dari Lenzing Group yang terus mengedepankan proses keberlanjutan sangat memperhatikan situasi lingkungan kerja agar setiap pegawai di SPV bisa bekerja dengan aman dan selamat. Hal ini selalu kami terapkan termasuk saat pandemi lalu. Kedepannya kami juga akan terus mengedepankan keselamatan dan keamanan dalam lingkungan kerja di SPV,” terang Yana Apriyandi, Ketua Satgas COVID-19 SPV dan SHE Manager.

Pencapaian SPV ini tentu juga menemui beberapa tantangan dalam prosesnya. Bukan hal yang mudah bagi sebuah perusahaan bisa untuk mencapai catatan 1 juta jam kerja tanpa kecelakaan.

Salah satu tantangan yang dihadapi SPV adalah terkait mengajak kontraktor untuk bisa menyesuaikan dengan standar kemanan SPV yang tinggi.

“Salah satu tantangannya menurut kami adalah untuk bisa mengajak kontraktor dalam memenuhi standar keamanan kami yang tinggi. Sekarang kami senang bahwa usaha kami dalam terus mengedukasi dan juga mengingatkan kontraktor dan karyawan terkait keamanan berbuah lingkungan kerja yang aman. Target kami berikutnya adalah mampu mencapai 1,5 juta jam tanpa kecelakaan, sampai dengan start-up & commissioning,” lanjut Yana.

Lebih lanjut Yana mengungkapkan, bahwa SPV sangat berterimakasih terhadap upaya para kontraktor dalam mendukung dan menjaga program safety dari SPV sehingga dapat tercapai 1 juta jam kerja tanpa kecelakaan dalam pengerjaan project CAP 2.

Keselamatan kerja menjadi perhatian penting dari SPV terlebih saat ini SPV sedang menjalankan sebuah projek penting bernama SPV Future Project.

Ini adalah projek yang dijalankan oleh SPV untuk mewujudkan visi emisi zero-carbon.

Salah satunya adalah dengan mampu memproduksi LENZING™ ECOVERO™ secara mandiri.

Adapun LENZING™ ECOVERO™ adalah merek untuk eco-responsible viscose premium yang diproduksi oleh Lenzing, merek ini terbuat dari kayu dan pulp berkelanjutan yang berasal dari sumber yang bersertifikat dan terkontrol.

PT South Pacific Viscose bagian dari Lenzing Group menawarkan viscose khusus yang ramah lingkungan di Asia Tenggara mulai tahun 2023 mendatang agar dapat memenuhi dan melayani dengan lebih baik lagi permintaan yang terus meningkat dari Indonesia dan juga kawasan Asia Tenggara.

“Tahun depan, rencana untuk bisa memproduksi LENZING™ ECOVERO™ akan menjadi salah satu proyek utama kami. Agar proyek ini berjalan lancar tentu keamanan dan keselamatan dalam bekerja memiliki peran yang penting. Melalui SPV Future Project, SPV memiliki visi yakni ‘we make a zero carbon come true’,” kata Sri Aditia.

Produksi LENZING™ ECOVERO™ di Indonesia akan menjadi tonggak baru bagi komitmen keberlanjutan SPV yang sejalan dengan nilai-nilai yang diterapkan oleh Lenzing dalam memprioritaskan keberlanjutan di setiap praktik bisnis dan lini produksi termasuk salah satunya ialah keamanan dan keselamatan dalam bekerja.



Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tinggalkan komen

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More