Take a fresh look at your lifestyle.

Bio Farma Luncurkan Medbiz, B2B Marketplace Produk Farmasi & Alat Kesehatan Hasil Kolaborasi dengan SIRCLO

0 1,955
foto : Direktur Transformasi & Digital Bio Farma, Soleh Ayubi membuka rangkaian acara Grand Launching Medbiz (istimewa)

Jakartakita.com – Bertepatan dengan HUT Holding BUMN Farmasi yang ke-3, Bio Farma sebagai induk Holding BUMN Farmasi yang beranggotakan Kimia Farma, Indofarma dan Inuki, mengadakan Grand Launching Marketplace berbasis web dengan nama Medicine Distribution Business Zone, Medbiz by Bio Farma hasil kolaborasi dengan penyedia solusi omnichannel commerce ternama, SIRCLO.

Melansir siaran pers yang diterima Jakartakita.com, Kamis (02/2) disebutkan, Medbiz merupakan wujud transformasi digital layanan Bio Farma yang akan menjadi marketplace end-to-end, untuk distribusi produk obat-obatan dan alat kesehatan.

Pembuatan Medbiz ini, sejalan dengan tujuan pembentukan Holding BUMN Farmasi, yaitu untuk menciptakan inovasi bersama dalam penyediaan produk farmasi yang terintegrasi, cepat dan efisien guna mendorong terciptanya ekosistem kesehatan berbasis digital di Indonesia.

“Hari ini kita launching beberapa produk yang luar biasa dan revolusioner, yang kita harapkan menjadi new revenue stream bagi Bio Farma. Tapi yang terpenting adalah produk yang kita launching hari ini dapat menjadi solusi kesehatan bagi masyarakat Indonesia dan Global,” ujar Soleh Ayubi selaku Direktur Transformasi dan Digital Bio Farma, dalam sesi sambutan acara Grand Launching Medbiz.

Ia menambahkan, “Yang kita lakukan itu bukan sekadar digitalisasi, tapi merevolusi cara kita berjualan di industri farmasi. Kita mendorong Bapak dan Ibu yang memiliki Klinik, Apotik, dan Rumah Sakit untuk mendaftar di Medbiz yang kemudian cara membelinya akan didampingi oleh sales person kita. Begitu ini sudah berjalan normal, langkah selanjutnya adalah Bapak dan Ibu hanya perlu memesan obat-obatan secara langsung melalui Medbiz tanpa perlu didampingi.”

“Ada dampak positif dari kehadiran Medbiz; bagi kami Bio Farma Group maupun pengguna yang nanti akan bergabung. Dengan menggunakan Medbiz, Bapak dan Ibu dapat menghemat sekitar 20% dari waktu yang biasanya dipakai untuk menangani penjualan, dimana nantinya waktu tersebut dapat digunakan untuk mencari pelanggan baru. Tapi kita tidak akan berhenti di sini, we are going to continue, we will not stop here,” tegas Soleh Ayubi.

Sebelumnya, Medbiz telah melakukan soft launching pada 31 Agustus 2022 dan memiliki 3 distributor resmi, yaitu Bio Farma, Kimia Farma, dan Indofarma.

Pada tahap awal, Medbiz menggandeng 11 distributor yang berlokasi di area Bandung, Jabodetabek dan Purwokerto dan telah menjangkau 100 pembeli yang terdaftar di aplikasinya.

Related Posts
1 daripada 4,196

Sejak bulan September hingga Desember 2022, Medbiz mencatat 3807 transaksi dengan 3309 pengguna yang sudah mendaftar di aplikasi serta 56 distributor yang tersebar di seluruh wilayah  Indonesia, mulai dari Aceh hingga Papua.

Dengan kekuatan ekosistem Healthcare yang dimiliki Holding BUMN Farmasi dan komitmen dari seluruh pihak untuk mengimplementasikan aplikasi ini, diharapkan Medbiz akan menjadi solusi untuk memudahkan proses pengadaan obat, alat kesehatan dan produk kesehatan lainnya.

Kolaborasi dengan SIRCLO

Sebagai One-Stop Medical Supplies, Medbiz menghadirkan beragam fitur baik di laman resmi maupun aplikasi untuk membantu para penyedia jasa farmasi dalam menjelajah lebih banyak kategori produk dan pilihan distributor resmi.

Kehadiran fitur-fitur tersebut merupakan hasil dari konsultasi yang dilakukan dengan ICUBE by SIRCLO, serta personalised solutions yang ditawarkan oleh Swift by SIRCLO.

ICUBE by SIRCLO merupakan salah satu layanan dari perusahaan omnichannel commerce enabler SIRCLO Group, yang menghadirkan layanan konsultansi strategi dan implementasi teknologi omnichannel berbasis Magento.

Seiring dengan meningkatnya permintaan dari pemilik merek untuk memperkuat pengelolaan laman penjualannya, Swift by SIRCLO hadir sebagai penyedia solusi pengembangan teknologi omnichannel.

Kedua produk dan solusi di bawah naungan SIRCLO Group inilah yang turut berperan dalam pengembangan Medbiz.

“SIRCLO terus berupaya untuk membantu berbagai lini bisnis dalam bertransformasi secara digital tanpa terkecuali. Hal ini diwujudkan dengan mendukung upaya bisnis, termasuk di skala BUMN, untuk dapat terus bertransformasi. Melalui produk yang ditawarkan seperti ICUBE by SIRCLO dan Swift by SIRCLO, kami menghadirkan kemudahan bagi para pelaku bisnis melalui ekosistem teknologi yang terintegrasi dan dengan solusi yang berbasis custom,” terang Muliadi Jeo, Chief Technology Officer Enterprise Solutions, SIRCLO.

Tinggalkan komen