Take a fresh look at your lifestyle.

XL Axiata Alihkan UMB *123# ke *808#, Proses Migrasi Berlangsung Sejak 1 Februari 2023

0 1,393
foto : dok. XL Axiata

Jakartakita.com – PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) melakukan perubahan akses USSD Menu Browser (UMB) layanan pelanggan dari *123# menjadi *808#.

Perubahan UMB ini efektif mulai berlaku mulai 1 Februari 2023.

Sosialisasi terus dilakukan oleh XL Axiata selama masa transisi 1 Februari – 1 April 2023 melalui berbagai sarana komunikasi kepada pelanggan karena pengguna UMB juga masih cukup besar.

Adapun migrasi ini berdasarkan Peraturan Menteri (PM Kominfo) No 5 Tahun 2021 yang mengatur bahwa akses USSD untuk layanan pelanggan menggunakan USSD *8XY#.

Dalam keterangan pers, Kamis (02/2), Chief Marketing Officer XL Axiata, Alfons Eric Bosch Sansa mengatakan, “XL Axiata senantiasa mematuhi regulasi yang berlaku, termasuk terkait penggunaan USSD. Migrasi ini hanya sebatas berganti kode UMB saja, tidak ada perubahan lain dalam menu-menu di dalamnya. Jadi hanya perpindahan dari *123# menjadi *808#. Upaya sosialisasi kami laksanakan secara menyeluruh ke semua pemangku kepentingan yang terkait, terutama pelanggan, melalui berbagai saranan komunikasi, termasuk media sosial.”

Related Posts
1 daripada 3,251

Menurut Alfons, layanan pelanggan UMB *123# selama ini digunakan oleh pelanggan untuk pengecekan saldo pulsa, kuota paket ataupun pembelian produk dan layanan XL Axiata.

Saat ini meskipun pembelian produk dan pengecekan pulsa juga tersedia di aplikasi myXL dan AXISnet, tetapi ternyata masih cukup banyak pelanggan yang tetap menggunakan UMB tersebut.

Karena itu, hingga saat ini keberadaan UMB tetap disediakan, dan mulai 1 Februari 2023 berlaku UMB *808#.   

Selain melalui UMB *808#, XL Axiata menyediakan alternatif layanan pelanggan yang lebih mudah diakses melalui aplikasi, yaitu myXL untuk pelanggan XL Prabayar dan PRIORITAS, dan AXISnet untuk pelanggan AXIS.

Kedua aplikasi tersebut bisa diunduh melalui Playstore atau App Store.

Asal tahu saja, USSD atau Unstructured Supplementary Service Data merupakan suatu protokol khusus yang digunakan untuk komunikasi singkat dari ponsel pengguna ke penyedia layanan operator selularnya.

Layanan USSD umumnya digunakan pengguna untuk melakukan permintaan (request atau pull) informasi tertentu pada pihak operator dengan format yang telah ditentukan.

Tinggalkan komen