Take a fresh look at your lifestyle.

Bola Dunia – Bergaji Tinggi dengan Secuil Bimbingan

0 2,535

Jakartakita.com – Memiliki pengetahuan merupakan sebuah alat untuk membuat kita semakin menjadi lebih bijak mengenai banyak hal, membuat keputusan, melakukan sebuah tindakan, memandang melalui sudut pandang yang berbeda, dana masih banyak lagi. Menjadi seseorang yang sukses merupakan hal wajib yang tertanam dalam benak sehingga kebutuhan untuk bersekolah ke tingkat yang lebih tinggi tentu sebuah keharusan.

Dengan bermodalkan sebuah ijazah Anda akan membuat jembatan ke kehidupan yang sebenarnya. Anda harus memasukan semua indikator pertimbangan. Jutaan mungkin bisa gagal menyeberangi jembatan tersebut untuk mendapatkan pekerjaan yang ideal, beruntung Anda bisa berhasil melewatinya namun bagaimana jika gagal? Seberapa siap andaikan terjatuh? Mampukah untuk bangkit kembali? simak kiat dan tips berikut ini. 

Karyawan atau Mandiri? 

Dilematis memang, menjadi karyawan sebuah perusahaan atau berwirausaha mandiri, memang memiliki sisi positif dan negatif dengan kepuasan yang berbeda. Menjadi karyawan mungkin memang terasa lebih aman dan bebas resiko, akan tetapi kejenuhan dengan rutinitas yang sama hari ke hari di tempat dan orang-orang yang sama seringkali membuat keinginan untuk mencari dunia baru dengan menjadi wirausahawan.

Dimulai dari mencari lowongan untuk posisi yang tepat di perusahaan tujuan, membuat profil pribadi cv yang akan menarik si bos untuk mempekerjakan Anda, runtutan tes dan wawancara, masa pelatihan, hingga akhirnya jabatan karyawan tetap menjadi milik Anda adalah yang akan Anda alami ketika memutuskan untuk menjadi karyawan perusahaan, namun jangan khawatir, Anda akan ditawarkan untuk naik jabatan atau posisi saat perusahaan melihat usaha, serta keahlian Anda.

Lain cerita saat Anda memutuskan menjadi seorang wirausahawan. Melakukan perencanaan sangat matang, mencari jenis produk yang akan diproduksi, sasaran konsumen, cara menjual serta budget modal yang dibutuhkan adalah hal-hal yang akan ada di jajaran otak Anda. Ya, memang tidak semudah bayangan agar bisa menjadi seorang wirausahawan sukses mengingat ini adalah bisnis yang Anda jalankan secara mandiri mulai dari sumber daya hingga upaya yang akan dilakukan sebagai seorang calon pebisnis. Akan tetapi, ketika semua terkendali dan sesuai dengan agenda kita maka sebuah bisnis akan membawa Anda pada keuntungan bahkan yang lebih besar lagi. 

Solusi, Solusi, dan Solusi

Tambah Kompetensi Diri

Memang tidak mudah untuk mencari posisi yang tepat sekiranya Anda tidak cerdas menganalisis serta mengambil kesempatan. Beruntung, pemerintah Indonesia telah memberikan solusi tepat sasaran dengan meluncurnya program kartu pra-kerja dimana Anda bisa dengan bebas memilih keahlian apa yang ingin Anda tingkatkan.

Seperti yang telah disosialisasikan bahwa ini merupakan rencana kerja untuk mengembangkan keahlian kerja dan kewirausahaan bagi seluruh pencari kerja, pekerja/pegawai/karyawan/buruh yang sedang bekerja atau mengalami pemutusan kontrak, dan/atau pekerja/buruh yang membutuhkan untuk meningkatkan keahlian, termasuk pelaku usaha mikro dan kecil. Pada satu sisi menggembos keahlian Anda tentu akan sangat menarik pada saat membuat profil pribadi CV Anda, bukan hanya ijazah Anda tapi berbagai keahlian yang bersertifikat yang pastinya akan dilirik perusahaan, di sisi lain apa yang telah Anda pelajari akan berguna bila Anda memutuskan untuk jalan sendiri, menjadi bos untuk diri sendiri. 

Berbagai situs daring pun berseliweran menawarkan kursus-kursus gratis dan singkat bahkan ada yang dilakukan oleh universitas-universitas top dunia, sebut saja university of Michigan, Yale University, John Hopkins University serta masih banyak lagi yang menawarkan kursus yang dapat diakses kapan saja melalui coursera. Mulai dari yang paling dasar hingga mahir pada berbagai bidang keahlian yang dapat Anda pilih suka-suka. Adapula Udemy yang juga menawarkan dan tak kalah bergengsi beberapa kursus gratis bagi siapapun yang membutuhkan. 

Related Posts
1 daripada 5,506

Update CV

Sebagai calon pekerja Anda tentu memiliki sebuah CV, sekarang Anda dipersilahkan untuk mengecek kembali apakah CV Anda sudah sesuai atau belum? Apakah CV tersebut sudah sesuai dengan kriteria perusahaan? Jika belum, inilah saatnya Anda mulai melakukan perbaikan. Belu lagi bila Anda ingin menambahkan keahlian-keahlian baru Anda dalam profil pribadi CV Anda.   Mulailah dari desain, kemudian cek dan pastikan data yang tercantum pada CV Anda benar atau tidak, maksudnya tidak ada data-data yang Anda karang bebas. 

Pada umumnya Anda akan menuliskan mulai dari data pribadi, riwayat pendidikan, keahlian yang Anda miliki, pengalaman organisasi atau pekerjaan  hingga deskripsi pribadi yang biasanya berisi orang seperti apakah Anda.  Jika Anda masih sedikit kebingungan, ada berbagai macam contoh-contoh CV yang baik dan benar yang bisa anda periksa agar CV Anda sukses dilirik perusahaan. 

Aktif Ikut Job Fair

Dengan rajin mengikuti job fair, Anda memiliki banyak pilihan untuk memasukan lamaran dan resume Anda pada berbagai perusahaan. Bahkan tidak jarang ada beberapa perusahaan bergengsi yang mencari karyawan pada kegiatan-kegiatan seperti ini. Belum lagi jika prosesnya cepat, dalam artian bisa jadi hari itu juga Anda akan diwawancara oleh bagian HRD perusahaan. Siapa yang tahu? Anda tidak akan menyesal serta bisa sangat beruntung dengan bergabung pada berbagai Job Fair. Tahun 2022, salah satu kota di Indonesia menggelar ekspo kerja dengan 40 perusahaan ikut andil dan 4.000 lowongan kerja terbuka luas. Disebutkan pihak Dinas Ketenagakerjaan menyediakan aplikasi job fair bernama New Bimma, akses daring untuk masyarakat tanpa harus jauh-jauh datang ke kantor.  

Gunakan Aplikasi Loker

Aplikasi-aplikasi lowongan kerja dalam peramban akan sangat mudah ditemukan. Anda juga bisa menemukan aplikasi khusus yang disediakan pemerintah seperti New Bimma yang disebutkan sebelumnya. Yang lain seperti LinkedIn, JobStreet, Glints, atau KitaLulus  bisa Anda jadikan lahan untuk mencari kesempatan bagi Anda hanya dengan akun pos elektronik Anda agar Anda dapat bergabung di dalamnya. 

Aplikasi lowongan kerja ini akan mempermudah hidup Anda, entah itu para fresh Graduate atau juga yang ingin pindah haluan dalam karir. Anda dapat mengakses jutaan mungkin juga miliaran info lowongan kerja dalam atau luar negeri di seluruh dunia secara gratis dan kredibel. Anda dapat mencari jenis lowongan pekerjaan sesuai dengan pengalaman, keahlian dan ketertarikan Anda mulai dari posisi freelance, part-time sampai full-time

Jadikan Hobi Sebagai Sumber Penghasilan

Untuk yang satu ini tentu akan Anda pahami sebagai karir mandiri alias berwiraswasta atau wirausahawan. Tidak sedikit yang berhasil diawali dari hobi berakhir jadi jutawan. Menyulam, merenda, menjahit, menanam, memasak, bertani, berkebun, beternak apapun itu selama Anda konsisten menjalankannya maka Anda hanya satu langkah menuju kursi bos besar. 

Perkuat Koneksi Dengan Teman 

Berkumpul bersama teman-teman bisa Anda jadikan ajang untuk membicarakan soal prospek-prospek pekerjaan selain untuk mempererat tali silaturahmi dan bercanda saja. Jangan ragu untuk bercerita dan bertanya pada teman-teman Anda, boleh jadi salah satu dari ribuan teman Anda bisa memberikan informasi lowongan pekerjaan di perusahaannya.

Tinggalkan komen