Take a fresh look at your lifestyle.

Dukung UMKM Implementasikan Ekonomi Hijau, SIRCLO Kembali Hadirkan Program Panen Omset di 2023

0 2,389
foto : istimewa

Jakartakita.com – Penyedia solusi omni-channel commerce terdepan di Indonesia, Sirclo, kembali menghadirkan program Panen Omset, dimana pada tahun 2023 ini berkolaborasi dengan Unit Usaha Syariah Maybank Indonesia (UUS Maybank Indonesia).

Setelah sukses mendorong akselerasi digital UMKM di tahun 2022, Panen Omset seri kedua ini mengusung tema “Sustainable MSMEs” atau “Bisnis UMKM Berkelanjutan” yang akan dilangsungkan mulai dari bulan Juni 2023.

CEO Entrepreneur Solutions Sirclo, Ferry Tenka mengatakan, melalui program ini, Sirclo ingin menyediakan wadah bagi pelaku UMKM untuk mempelajari lebih dalam mengenai bisnis berkelanjutan hingga mewujudkan nol emisi karbon.

“Tingginya antusias peserta pada Panen Omset tahun lalu memupuk semangat kami untuk mengembangkan program tersebut agar semakin relevan dan efektif dalam menunjang performa bisnis UMKM. Dengan timbulnya urgensi nasional terhadap implementasi ekonomi hijau, kami memahami pentingnya proses sosialisasi hingga pembekalan komprehensif yang dapat diterima dengan baik oleh pelaku UMKM. Maka dari itu, program Panen Omset 2023 ini telah kami rancang sebagai panduan guna memudahkan pelaku usaha mengambil langkah awal dalam menerapkan strategi bisnis berkelanjutan,” terang Ferry Tenka dalam keterangan pers, Kamis (06/7).

Adapun Batch Pertama dari Panen Omset 2023 akan dilaksanakan pada bulan Juli 2023 di beberapa kota di Indonesia, termasuk Jakarta, Semarang, Surabaya dan Medan. 

Sementara itu, di kesempatan yang sama, Romy Buchari, Head of Shariah Banking, Maybank Indonesia menyampaikan, “Melalui Unit Usaha Syariah (UUS) Maybank Indonesia, kami bangga dapat terlibat dalam penyelenggaraan pelatihan ‘Panen Omset’ bersama Sirclo untuk mewujudkan ekonomi hijau yang berkelanjutan, khususnya pada sektor ekonomi syariah melalui peran pelaku UMKM di Indonesia. Sebagai bagian dari konglomerasi perbankan terbesar di kawasan ASEAN, Maybank Group, kami percaya bahwa pelatihan ini dapat mendukung salah satu strategi besar Maybank, yakni strategi M25+ yang berfokus kepada pengembangan pasar solusi keuangan syariah di Tanah Air, dan di saat yang sama, melaksanakan salah satu amanat prinsip ekonomi syariah yaitu mengelola sumber daya yang ada demi kemaslahatan bersama.”

Adapun program pelatihan ini nantinya akan mencakup:

1.Modul Pelatihan Bisnis Digital yang berisikan panduan tentang manajemen bisnis dasar, pembuatan konten kreatif, dan pengembangan kanal e-commerce. Program pelatihan ini didukung oleh SIRCLO Store yang akan membahas pembuatan website, integrasi marketplace omnichannel hingga WhatsApp Business API bagi para pelaku UMKM.

Related Posts
1 daripada 3,157

2.Pelatihan Digital Marketing dan Branding yang akan membahas seputar tren di dunia pemasaran seperti liveshopping streaming, strategi branding, dan influencer marketing. Program ini dijalankan bersama platform marketplace influencer untuk UMKM, Social Bread yang akan berbagi studi kasus dan trik khusus dalam mengoptimalkan platform media sosial sebagai kanal penjualan.

3.Sosialisasi dan Pendampingan Konsep Reduce, Reuse, Recycle (3R) yang akan membahas tentang pemaparan isu karbon dan emisi global, edukasi pengelolaan sampah, serta sesi berbagi cerita bersama pahlawan lingkungan lokal. Program sosialisasi ini merupakan bentuk kolaborasi SIRCLO bersama Waste4Change sebagai penyedia solusi pengelolaan sampah terdepan di Indonesia.

Sementara itu, bagi para peserta UMKM yang telah mendaftar dan lulus kurasi pendaftaran berkesempatan untuk memenangkan total hadiah Rp50 juta.

Tiga pemenang utama yang terpilih akan mendapat hadiah berupa akses permodalan senilai Rp12 juta, perluasan akses pasar, kesempatan mengadakan showcasing di NAKAMA.id dan NAKAMA Creative Hub. Terdapat juga hadiah tambahan seperti giveaway top up saldo e-wallet sebesar 500 ribu rupiah bagi 28 peserta terpilih dan pembuatan Nomor Induk Berusaha (NIB) bagi 19 peserta terpilih.

Selain pembekalan strategi bisnis berkelanjutan hingga pengantar ekonomi hijau, seluruh program intensif yang tersedia di Panen Omset 2023 juga diharapkan dapat berkontribusi pada peningkatan kompetensi bisnis dan literasi digital pelaku UMKM.

“UMKM di 2023 itu jumlahnya sudah mencapai 65 juta tapi yang go digital baru 20 juta. Peran Social Bread hadir justru untuk membantu meningkatkan UMKM go digital dan sukses bisnis nya melalui digital, berharap dengan adanya Panen Omset ini bisa menjadi langkah awal yang baik,” ujar Ester Jeanette, CMO & Co-Founder Social Bread.

Sebelumnya, pada peluncuran perdananya di tahun 2022 lalu, pelaksanaan Panen Omset tersebar di 11 Kota di Indonesia, di mana Sirclo berhasil memperkenalkan fitur Cekatan (Check-Out Satu Halaman) yang dapat membantu pelaku UMKM dalam mengelola bisnis mereka secara lebih efektif dan efisien.

Dengan fitur ini, para pelaku UMKM membuat toko online dengan cepat dan mudah, bahkan tanpa memerlukan kemampuan atau pengalaman dalam coding maupun desain website.

“Besar harapan kami, agar Panen Omset 2023 mendapat respon yang positif dan memberikan dampak positif bagi banyak pelaku UMKM, serta pada akhirnya dapat mengakselerasi pertumbuhan ekonomi hijau,” tutup Ferry.

Adapun keberlangsungan program ini juga turut didukung oleh JNE, Mbloc Group, Canva, dan Kontrak Hukum.

Tinggalkan komen