Take a fresh look at your lifestyle.

Imago Raw Honey dan DBFoods terpilih menjadi pemenang IMA UMKM Award 2023, menyingkirkan 475 UMKM

0 1,273

Jakartakita.comImago Raw Honey dan DBFoods terpilih menjadi pemenang IMA UMKM Award 2023, menyingkirkan 475 UMKM pesaing lainnya yang berasal dari seluruh Indonesia. Penjurian ini berlangsung pada acara Musyawarah Nasional (Munas) IMA 2023 yang dilaksanakan di Jakarta pada 14 Oktober 2023.

Masing-masing juara 1 IMA UMKM Award 2023 mendapatkan hadiah berupa uang tunai sebesar Rp 30 juta yang disertai dengan kegiatan business matching bersama beberapa perusahaan baik dari segi permodalan dan pengembangan usaha serta berkesempatan untuk menjadi duta UMKM IMA.

Erik Hidayat selaku Ketua IMA Awards 2023 sekaligus VP SME and Entrepreneurship IMA Pusat mengatakan “Kami merasa sangat bangga dapat merayakan keberhasilan, kerja keras, dan dedikasi luar biasa dari para pelaku UMKM yang telah berpartisipasi dalam IMA UMKM Award 2023. Dalam kondisi yang semakin kompetitif, UMKM adalah tulang punggung ekonomi kita, sekaligus penyedia lapangan kerja yang penting.

Foto: Istimewa

IMA UMKM Award 2023 merupakan award pertama yang diselenggarakan oleh IMA. Kami di VP SME dan Entrepreneurship IMA sangat berkomitmen untuk mendukung pertumbuhan UMKM dan memberikan platform yang memungkinkan UMKM Indonesia untuk bersaing di tingkat nasional dan internasional,” ucap Erik dalam siaran pers baru-baru ini di Jakarta, Minggu (15/10).

Menteri Pariwisata dan Ekonomoi Kreatif, Sandiaga Uno menyambut baik kegiatan IMA Award 2023, “Kami sangat mengapresiasi kegiatan IMA UMKM Award 2023 yang berkontribusi pada pelatihan pemasaran untuk UMKM. Dengan bergabung di UMKM Award, 477 UMKM yang berasal dari berbagai area di Indonesia dapat naik ke level yang lebih tinggi lagi.”

“Terima kasih kepada IMA atas penghargaan yang diberikan kepada kami. Penghargaan ini menjadi motivasi bagi kami untuk terus berkarya dan memberikan yang terbaik bagi industry UMKM Indonesia. Pendampingan Program IMA UMKM Award 2023 telah mengembangkan mindset kami dari mindset pedagang menjadi mindset entrepreneur dengan focus pengembangan bisnis kedepan sebagai produk lokal yang mendunia,” ujar Henry selaku Pendiri UMKM Imago Raw Honey.

Related Posts
1 daripada 6,414

Imago Raw Honey merupakan perusahaan penyedia superfood, yaitu madu murni dari Gn. Gede Pangrango dan hutan di Jawa Tengah dari DKI Jakarta. Salah satu produk unggulannya adalah Imago Detox Honey (Itox) yang berfungsi untuk meningkatkan imun dan detoksifikasi tubuh. Produk Imago Raw Honey tidak hanya dikonsumsi oleh masyarakat Jabodetabek, namun sudah mencapai pasar internasional, salah satunya di Amerika.

Di sisi lain, DBFoods dari Padang yang terpilih sebagai Juara 1 IMA UMKM Awards Kategori Wisata turut memberikan testimoninya selama mengikuti pemilihan IMA UMKM Awards.

DBFoods selaku pemenang kategori wisata mengatakan “Kami merasa sangat bersyukur atas penghargaan yang diberikan kepada kami. Program IMA UMKM Award 2023 telah membimbing DBFoods dari usaha lokal menjadi perusahaan dengan visi global, menjadikan Dendeng Balado Mendunia. DBFoods maju dan terus berkembang bersama IMA. Semoga dengan keberadaan banyaknya UMKM karya dari tiap-tiap daerah dapat turut serta memajukan wisata dan perekonomian daerah tersebut,” ujar Herry Kurniadi selaku Pemimpin DBFoods.

Hermawan Kartajaya selaku Founder IMA sekaligus Juri IMA UMKM Award 2023 mengatakan, “Sebagai juri, kami melihat berbagai aspek kualitas dan kontribusi dari para UMKM. Tak hanya itu, kami turut memberikan penilaian terkait aspek pemasarannya. Pemilihan ini adalah kesempatan untuk menghargai peran penting UMKM dalam meningkatkan pertumbuhan perekonomian nasional. Kami berharap, UMKM Indonesia dapat terus berkembang dan berinovasi.”

Rangkaian IMA UMKM Award mendapat antusiasme yang tinggi dari kalangan UMKM Indonesia, dari Sabang sampai Merauke. Sebanyak 477 UMKM dengan 58,5% dari golongan usaha UMKM Umum dan 41,5% dari golongan usaha UMKM Pariwisata mendaftarkan diri dalam rangkaian IMA UMKM Award.

Suparno Djasmin selaku President IMA Pusat Periode 2023-2026, menyambut baik kegiatan IMA UMKM Award 2023, “Seperti yang kita ketahui, UMKM menyumbang lebih dari 60% PDB Indonesia. UMKM merupakan sumber inovasi bangsa yang memberikan keragaman warna pada industri. Namun, sayangnya UMKM kita seringkali menghadapi tantangan di bidang pemasaran. Dengan berbagai pelatihan dan mentoring yang dilaksanakan selama kompetisi UMKM Award 2023, kami berharap dapat terus memajukan UMKM Indonesia melalui pelatihan di bidang pemasaran. Sehingga dapat memajukan ekonomi masyarakat dari tiap-tiap daerah, bahkan memajukan ekonomi Indonesia.”

Di tahap pertama, tim kurator mempertimbangkan kelengkapan dokumen serta hasil wawancara dengan menilai beberapa aspek, yaitu: potensi, motivasi, tujuan dan dampak usaha, model dan strategi bisnis yang dijalankan, serta segmen pasar sasaran. Sebelum melaju ke tahap pemaparan bisnis, IMA terlebih dahulu memberikan persiapan kepada peserta berupa pelatihan dan workshop. Tahap ini ditujukan untuk mematangkan pengetahuan, kemampuan, dan perencanaan bisnis para UMKM sebelum memasuki tahap seleksi perencanaan bisnis.

Setelah melalui proses seleksi, pelatihan, mentoring, dan coaching selama 5 bulan, sebanyak 20 UMKM terpilih pada tahap final dari 477 UMKM terdaftar. Selama proses pelatihan, usaha-usaha terpilih telah menjalani pelatihan dengan fokus pengoptimalan aspek-aspek pemasaran untuk pengembangan usaha masing-masing. (Edi Triyono)

Tinggalkan komen