Take a fresh look at your lifestyle.

Kaset Awards 2023 Yang Pertama di Gelar, Penghargaan Jujur Jurnalis Untuk Para Musisi

0 1,629

Jakartakita.comKaset Awards adalah penghargaan yang dibentuk oleh jaringan kolektif pewarta musik Jaringan Jurnalis Musik (JJM) untuk pelaku industri musik di Tanah Air. Memasuki era digital industri musik juga berkembang kian dinamis. Meskipun sudah tak lagi ditandai dengan hasil penjualan rilisan fisik berupa cakram padat dan kaset, seperi di era 1980-an JJM mencoba merespons perkembangan ini dengan memberikan penghargaan terhadap insan musik di Indonesia.

Andre Stroo selaku Ketua Pelaksana Kaset Awards 2023 mengatakan justru dengan kemudahan teknologi digital, terutama untuk memberitahukan kepada khalayak karya baru yang dihasilkan musisi, produksi lagu maupun album studio rekaman juga tak dipungkiri relatif lebih cepat.

Berbekal kemudahannya kami dari JJM berharap akan makin banyak karya berkualitas dihasilkan musisi kita. Setelah melakukan kurasi/penjurian selama satu tahun, JJM berhasil memilih nominator untuk pemenang Kaset Awards periode I yang dipilih dari seluruh rilisan musik. Lima nama terpilih dari masing-masing nominasi, disaring dari ribuan karya yang telah dirilis selama 1 tahun.

Foto: Jakartakita.com/Edi Triyono

Kurasi/penjurian berjalan cukup ketat, karena setiap pewarta yang tergabung dalam JJM memiliki kesempatan memajukan unggulannya dengan alasan dan pendapat masing-masing. Dari beberapa nama yang diajukan, akhirnya diputuskan melalui vote untuk memilih 5 nama teratas untuk setiap nominasi.

Proses penjurian dan kurasi final kemudian dilaksanakan secara hybrid (luring dan daring) karena pewarta jaringan JJM tersebar di sejumlah wilayah di Indonesia. Yang membedakan dari award yang eprnah ada adalah kami tidak membedakan genre. Penilaian berdasarkan kualiatas dan performa,” ucap Andre Stroo di Jakarta, Rabu (18/10).

Selain itu JJM juga memberi penghargaan kepada acara atau event musik terbaik. Event musik baik selama periode penjurian bahkan sebelum penjurian dinilai punya kontribusi penting, tak hanya sekedar perayaan menonton pagelaran musik saja. Melainkan juga berpengaruh pada ekosistem pertumbuhan industri musik karena mempertemukan masyarakat dengan para pelaku industri musik mulai dari penonton, promotor, hingga pedagang merchandise musik sebagai pelaku eksosistemnya.

Tentang pemilihan nama yaitu “Kaset” mungkin terdengar jadul, apalagi jika mengacu pada sejarahnya pengharaan musik yang pernah dibuat di negeri ini salah satunya adalah dari perusahaan kaset pita BASF Award atau HDX Award di era 1980-an dan 1990-an. JJM tidak mengacu pada romantisme tersebut. Kami memilih “kaset” karena ini adalah penanda era majunya industri musik dari masa jayanya rilisan fisik.

Khususnya di Indonesia sejak 1970-an ukuran tolok ukurnya adalah kaset, yang waktu itu berapa kopi kaset yang terjual. Fakta lain, kaset masih populer sehingga ketika era masuknya CD atau cakram padat, kebanyakan orang Indonesia masih menyebutnya “kaset”. Kemudian di zaman sekarang masih banyak beberapa grup music dan penyanyi merilis hasil rekamannya dalam bentuk kaset meskipun dengan jumlah terbatas,” tutup Andre.

Related Posts
1 daripada 5,547

inilah daftar pemenang penghargaan Kaset Awards periode pertama:

Pendatang Baru Terbaik
Lomba Sihir – Pesona

Band Terbaik
Efek Rumah Kaca – Manifesto (Single)

Kolaborasi Terbaik
Diskoria, Laleilmanino, Eva Celia – C.H.R.I.S.Y.E.

Solois Pria Terbaik
Tulus – Manusia (Album)

Solois Wanita Terbaik
Isyana Sarasvati – My Mystery

Artwork Terbaik
Gugun Blues Shelter – Jingga

Music Video Terbaik
Burgerkill – Hollow

Music Festival Terbaik
Hammersonic Festival, 18-19 Maret2023, Carnaval Ancol Jakarta

Konser Terbaik
Sheila On 7 – Tunggu Aku di Jakarta, 28 Januari 2023, JIExpo Kemayoran

Tinggalkan komen