Trend Micro & Organization of American States (OAS) Ungkap Serangan Siber terhadap Infrastruktur Penting

foto: istimewa

Jakartakita.com – Trend Micro Incorporated dan Organization of American States (OAS), kembali mengumumkan laporan hasil survei bersama yang berfokus pada tren serangan terhadap infrastruktur-infrastruktur penting.

Laporan yang bertajuk “Keamanan Siber dan Proteksi Infrastruktur Penting” tersebut juga menyertakan tanggapan-tanggapan yang berasal dari berbagai lembaga pemerintahan dan para profesional di bidang keamanan yang mewakili industri-industri penting seperti komunikasi, keuangan, manufaktur, energi dan keamanan.

“Riset ini menjadi peringatan bagi kita semua, bahwa infrastruktur yang penting kini menjadi target utama serangan yang dilakukan oleh penjahat siber. Kelompok-kelompok ini telah meningkatkan serangan mereka dengan memanfaatkan atau membonceng kampanye-kampanye negatif yang gencar diarahkan kepada infrastruktur Western Hemisphere,” ujar Tom Kellermann, Chief Cybersecurity Officer, Trend Micro.

“Kami melihat adanya pertanda yang positif ketika para pemimpin di berbagai lembaga pemerintahan maupun industri menyadari betapa seriusnya ancaman yang muncul dan memiliki komitmen kuat untuk mengatasinya melalui terwujudnya investasi dan kerjasama yang solid antara pemerintah dengan pihak swasta,” tandas Tom.

Ditambahkan juga oleh Tom, sebanyak 44 persen responden mengaku telah menerima serangan serius, sementara 40 persen lainnya bahkan mengalami serangan yang berdampak pada matinya sistem.

Laporan ini pun dilengkapi dengan beragam studi kasus yang menggambarkan kejadian spesifik di masing-masing negara, analisis serangan siber dan metodologinya, informasi detil tentang kebijakan serta tindakan penanganan, serta pencegahan terhadap kemungkinan munculnya serangan siber.

“Pemerintah di wilayah Benua Amerika dan juga di seluruh dunia harus menyadari setiap ancaman serius yang mengakibatkan munculnya kerentanan pada infrastruktur penting serta segala konsekuensi yang menyertainya jika tidak dilakukan penanganan masalah keamanan dengan seksama,” ujar Neil Klopfenstein, Executive Secretary of the OAS Inter-American Committee against Terrorism (CICTE).

Neil menambahkan, dari sistem jaringan listrik negara, penampungan dan pengolahan air, eksplorasi minyak bumi, hingga transportasi, secara virtual masing-masing memiliki peranan penting sebagai elemen vital bagi masyarakat.

Laporan ini sekaligus menegaskan pentingnya upaya untuk terus memperkuat perlindungan terhadap infrastruktur penting dan menjadi ajang berkolaborasi serta bertukar pikiran baik pemerintah, bisnis, maupun masyarakat dalam meningkatkan keamanan siber.

bidang keamanan dalam industridata pentinginformasi pentinginfrastruktur pentingOrganization of American States (OAS)rentan diretasserangan siberTrend Micro Incorporated
Comments (0)
Add Comment