Menteri Perindustrian Dukung Akselerasi Kemampuan Digital di Apple Developer Academy BSD City

foto : istimewa

Jakartakita.com – Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita mengunjungi Apple Developer Academy di BSD City, Kamis (23/7). Dalam kunjungan tersebut, turut hadir; Dirjen Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika Kemenperin, Taufik Bawazier; Managing Director President Office Sinar Mas Land, Dhony Rahajoe; Manager Government Affair South East Asia Apple, Mirza Natadisastra; Dirjen Industri Kecil, Menengah, dan Aneka Kemenperin, Gati Wibawaningsih; dan Project Leader Digital Hub Sinar Mas Land, Irawan Harahap.

“Kami berharap Apple Developer Academy bisa terus mendukung kita menuju Indonesia 4.0 karena banyak sektor masih belum bersentuhan dengan teknologi digital. Kami sangat yakin inovasi berbasis teknologi dapat membuat industri menjadi lebih efisien sehingga daya saing kita menjadi lebih kuat. Kami mendukung siswa dan alumni Apple Developer Academy agar dapat memberikan kontribusi untuk ekonomi digital negara, khususnya dengan lokasi di BSD City yang merupakan hub antara digital talent dengan industri,” ujar Agus Gumiwang Kartasasmita.

Ditambahkan, agar SDM sektor industri dapat mengakselerasi kemampuan di bidang digital dengan turut mengikuti pembelajaran intensif di Apple Academy. “Saat ini Kemenperin gencar mendorong daya saing industri, di antaranya adalah menambah keahlian di bidang digitalisasi kepada SDM industry,” sambungnya.

Di kesempatan yang sama, Project Leader Digital Hub Sinar Mas Land, Irawan Harahap menyampaikan, perusahaan melalui Digital Hub terus memfasilitasi pendidikan, komunitas, dan bisnis digital, termasuk di Apple Developer Academy. “Ini merupakan wujud keseriusan kami dalam mengembangkan integrated smart digital creative city,” ujarnya.

Apple Developer Academy merupakan wadah pengembangan talenta digital yang dibangun oleh Apple Inc dan didukung Sinar Mas Land.

Sekolah coding ini, membekali para siswanya dengan tiga kemampuan utama, yakni teknikal, bisnis, dan desain.

Apple Developer Academy memiliki visi untuk membangun sumber daya manusia Indonesia yang mampu mengembangkan aplikasi dan teknologi dalam memecahkan permasalahan sosial berbasis operating system dari Apple.

Di tengah pandemi Covid-19, proses pembelajaran kepada 200 siswa batch keempat di Apple Developer Academy BSD City tetap berlangsung secara online dan dibimbing oleh mentor pilihan Apple Inc.

Apple Developer Academy BSD City juga sedang mempersiapkan pendaftaran dan seleksi siswa baru untuk angkatan selanjutnya yang akan mulai belajar di awal tahun depan.

Asal tahu saja, Sinar Mas Land saat ini tengah menggarap Digital Hub, sebuah area yang ditujukan untuk komunitas digital, mulai dari startup company, institusi pendidikan yang bergerak di bidang IT hingga perusahaan multinasional berbasis teknologi.  

Digital Hub memiliki area seluas 25,86 hektare dan terletak di bagian selatan Green Office Park, BSD City. 

Saat ini, sejumlah perusaahan yang bergerak di bidang IT telah berkantor di kawasan Green Office Park seperti Grab Indonesia, Huawei, Sales Stok, Ev Hive, Orami dan akan direlokasi ke kawasan Digital Hub ketika pembangunan proyek tersebut telah selesai.

Sejumlah institusi pendidikan di bidang coding juga telah hadir di BSD City seperti Apple Developer Academy, Binar Academy, Techpolitan, Creative Nest dan Purwadhika.

Keberadaan institusi tersebut berguna untuk men-supply para tenaga developers ke sejumlah perusahaan nasional dan multinasional berbasis teknologi.

Agus Gumiwang KartasasmitaApple Developer AcademyBSD Cityekonomi digitalIndonesia 4.0integrated smart digital creative cityKemenperinMenteri Perindustriansekolah codingSinar Mas Land
Comments (0)
Add Comment