Home Lift Tawarkan Solusi Mobilitas & Tingkatkan Kualitas Hidup Masyarakat

foto : istimewa

Jakartakita.com – Di Indonesia, mobilitas menjadi penting, karena menurut data, Bappenas memproyeksikan angka harapan hidup di Indonesia mencapai 73,4 tahun pada tahun 2020, dengan umur harapan hidup laki-laki 71,49 tahun dan perempuan 75,27 tahun.

Dengan demikian, angka lansia semakin banyak dan salah satu dukungan yang bisa diberikan untuk lansia adalah membantunya memiliki mobilitas yang baik. 

Tidak hanya untuk lansia, mobilitas juga tetap diperlukan bagi mereka penyandang disabilitas.

Mobilitas yang optimal sangat penting demi kesehatan psikologis, kesejahteraan dan kualitas hidup lebih baik bagi setiap orang.

Menurut Dra. Astrid Wiratna, Psikolog yang juga Wakil Ketua I IPK Indonesia sekaligus Ketua IPK Wilayah Jawa Timur, proses menua merupakan fase yang tidak dapat dihindari dalam kehidupan.

Kemunduran fisik, psikis, dan sosial akan dialami bersamaan dengan proses kemunduran akibat proses menua. 

Di sisi lain, kesehatan fisik, psikologis, sosial, dan kemampuan untuk berfungsi sangat mempengaruhi kualitas hidup seseorang.

“Kesehatan fisik yang berkurang dapat berpengaruh pada tingkat kemampuan mobilitas dalam pemenuhan kebutuhannya sehingga kualitas hidup tidak dapat tercapai dengan baik. Dalam hal ini, dukungan dan kepedulian keluarga juga berpengaruh untuk meningkatkan kualitas hidup seseorang. Penting bagi setiap orang untuk tetap memiliki mobilitas yang optimal dan leluasa melakukan aktivitas yang tetap bisa dilakukan di area lingkungan rumah, demi kesehatan psikologis, kesejahteraan dan kualitas hidup yang lebih baik,” jelas Dra. Astrid Wiratna, di acara Webinar bertajuk ‘Penyediaan Home Lift’ yang disiarkan secara virtual, Rabu (17/3/2021).

Menyikapi kondisi tersebut, PT. Pardi Solusi Abadi, sebagai penyedia teknologi Home Lift, berkomitmen untuk dapat membantu meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia melalui solusi mobilitas.

“Kami menilai, bahwa kesulitan mobilitas dapat dibantu dengan memasang peralatan atau alat bantu, seperti Home Lift, yang dapat diimplementasikan di rumah pribadi, tempat usaha, tempat ibadah, dan fasilitas umum,” ungkap Chief Operating Officer PT. Pardi Solusi Abadi, Joni Tse di acara yang sama.

Ditambahkan, ada banyak pilihan Home Lift yang disediakan oleh PT. Pardi Solusi Abadi seperti; lift kursi roda, lift tangga, lift rumah, atau solusi akses untuk rumah dari tangga atau kursi roda ke lift platform rumah atau melalui lift lantai.

“Sebagai bagian dari solusi, Pardi Solusi Abadi menyediakan konsultasi awal sebelum memutuskan lift rumah/lift tangga yang dibutuhkan. Hingga saat ini, layanan Home Lift dari PT. Pardi Solusi Abadi dapat menjangkau masyarakat yang membutuhkan solusi mobilitas di seluruh Indonesia. Kami berharap, semakin banyak masyarakat yang terbantu dan memiliki kualitas hidup yang lebih baik dengan kemudahan mobilitas,” terang Joni Tse.

Di kesempatan yang sama, Arie Bakrie selaku Principal PT Ekspresi Artistika mengatakan, Home Lift menjadi penting karena dapat memberikan banyak fungsi praktis, seperti memudahkan mobilitas setiap individu untuk mengakses seluruh ruangan dengan menaiki atau menuruni tangga rumah tanpa harus merasa sakit dan mengeluarkan usaha berlebih.

foto : istimewa

“Ada banyak pilihan Home Lift yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan mobilitas masing-masing, baik untuk rumah pribadi maupun tempat usaha. Apalagi, saat ini tren tempat tinggal cenderung kearah vertikal, untuk menyiasati lahan terbatas dan tingginya harga lahan,” jelasnya.

Selain itu, lanjut dia, beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menentukan Home Lift yang dibutuhkan, antara lain: Ukuran lift (bagian dalam lift dan seberapa besar ruang yang dibutuhkan), Total beban (jumlah orang dan kursi roda jika diperlukan), Struktur harga dan pembayaran, Gaya / estetika (fungsional, halus atau artistik), Fitur keselamatan (terutama untuk anak-anak dan lansia), Persyaratan untuk pemasangan, Struktur perawatan dan dukungan yang tersedia, Biaya pemeliharaan, Fitur tambahan (seperti kemampuan Smart Lift), Reputasi perusahaan dan layanan pelanggan. (Rully)

disabilitasHome LiftlansiamobilitasPT Pardi Solusi Abadi
Comments (0)
Add Comment