Industri Pastry Kian Menggeliat, Fondant Art Jadi Primadona

foto : Instagram @ohsellacakery

Jakartakita.com – Seiring berlangsungnya masa pandemi, industri pastry/kue di Indonesia, khususnya di wilayah perkotaan, tumbuh subur bak cendawan di musim penghujan.

Perkembangannya pun bisa dibilang sangat pesat.

Kini, varian pastry semakin banyak, yang terinspirasi dari kuliner lokal Indonesia dan tentunya hal ini merupakan hal yang sangat membanggakan.

Ditambah lagi, pemerintahan Indonesia juga mendukung sub sektor kuliner agar lebih maju.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia ikut serta berperan dalam menyediakan fasilitas, seperti pelatihan bisnis, akses permodalan, pendampingan pendirian usaha, mempromosikan kuliner Indonesia di pasar domestik dan luar negeri. 

Adapun kue ataupun roti kering menjadi salah satu bagian dari pastry yang paling diminati oleh masyarakat di Indonesia.

Salah satu variasi yang menjadi peluang dan dapat dijadikan bisnis adalah fondant, sebuah dekorasi kue berbahan gula yang membuat kue terlihat menjadi lebih menarik.

Menurut Graciella Kosasih selaku founder Oh Sella Cakery, salah satu alasan mengapa bisnis fondant menjadi populer adalah luasnya kreasi yang dapat dilakukan oleh pembuat fondant dalam menghias kue tersebut.

“Inilah yang menjadi daya tarik peminat sehingga ingin memesan kue fondant untuk dikreasikan sesuai dengan apa yang diinginkan, salah satu contoh umumnya adalah kue ulang tahun. Peminat atau pembeli dapat memesan kue ulang tahun dengan dekorasi fondant bentuk apapun, mulai dari karakter film, benda hidup, bahkan figur manusia,” beber Graciella dalam sebuah workshop berjudul “A Piece of Cake: Cake Decorating Class” yang digelar 25 Juni lalu via online.

Adapun Oh Sella Cakery merupakan salah satu UMKM yang menekuni bidang dekorasi fondant.

Dibentuk pada tahun 2020, Oh Sella Cakery menyediakan jasa custom fondant, dimana pembeli dapat memesan kue dengan dekorasi sesuai keinginan.

“Produk yang dijual Oh Sella Cakery lebih berfokus pada jenis pastry Choux, sebuah jenis kue yang mirip dengan kue sus, namun memiliki tekstur kulit yang lebih halus, renyah, dan bentuknya lebih bulat serta gemuk,” jelas Graciella, yang di acara workshop mengajarkan ke publik cara membuat dekorasi fondant karakter 2D dan 3D kepada 104 peserta.

Oh Sella Cakery sendiri sering memposting tentang karya-karya fondant yang telah dibuat melalui platform Instagram @ohsellacakery. 

“Untuk kamu yang ingin mencoba serius di bidang fondant, banyaklah belajar, bersabar, teliti, dan enjoy pada saat melakukannya. Jika kamu melakukan ini semua, nanti pada akhirnya pasti akan membuahkan hasil,” pungkas Graciella. (Penulis : Gabriella Angelia, Cantika Putri dan Kareem Reza)

fondantFondant Artindustri kulinerIndustri PastrykueOh Sella Cakery
Comments (0)
Add Comment