Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

5 Film Bersaing Ketat Merebut Piala Oscar 2013

54

Nominasi-Piala-Oscar-2013Jakartakita.com : Menjelang malam puncak penghargaan Piala Oscar 24 Februari mendatang, beberapa lembaga survey dan situs pemerhati film mulai mengumumkan hasil perhitungan mereka soal siapa saja yang akan memenangkan Piala Oscar tahun tahun 2013 ini. Sejumlah film bersaing ketat memperebutkan piala lelaki berpedang.

Meski ada persaingan ketat, namun tiga film yang diprediksi akan berada di posisi puncak jumlah penghargaan adalah Argo, Les Miserables dan Lincoln. Sementara Life of Pi dan Zero Dark Thirty menyusul di papan tengah. Yang menarik dari ajang Piala Oscar tahun ini adalah 4 film yang disebutkan di atas termasuk dari 12 film nominasi Piala Oscar yang diangkat dari buku best seller.

Argo, cerita mengenai agen CIA, diangkat dari Argo: How the CIA and Hollywood Pulled Off the Most Audacious Rescue in History karya Matt Baglio. Film yang dibintangi dan disutradarai oleh Ben Afleck ini merupakan adaptasi dari kisah nyata agen CIA yang melakukan misi penyelamatan untuk membebaskan enam orang warga AS yang berlindung di rumah duta besar Kanada, saat revolusi Iran di tahun 1979.

Argo yang diproduksi oleh Warner Bros dan GK Films dengan biaya sekitar US$44 juta tersebut, menempati peringkat satu box office di AS dan Kanada. dengan meraup pendapatan sebesar US$12,4 juta.  Makanya tak heran kalau Argo sukses menuai pujian dari kritikus dan mendapatkan nilai A+ dari penonton dalam jajak pendapat yang digelar CinemaScore.

Les Miserables diadaptasi dari buku dengan judul yang sama karya Victor Hugo. Les Misérables  film dengan latar belakang Perancis abad ke-19, bercerita tentang seorang narapidana bernama Jean Valjean (Hugh Jackman) yang berusaha untuk menghapus dosa-dosanya di masa lalu. Valjean bertemu dengan seorang wanita bernama Fantine (Anne Hathaway) yang kemudian diselamatkannya. Sebelum Fantine meninggal, Valjean berjanji untuk merawat putri Fantine yang bernama Cosette (Amanda Seyfried). Tapi, jalan Valjean menuju pengampunan pun tak mulus, karena ia berada dalam buruan seorang polisi bernama Javert (Russell Crowe), setelah dirinya melarikan diri dari pembebasan bersyarat.

Selain keempat aktor dan aktris tersebut, Les Misérables juga didukung oleh Eddie Redmayne sebagai Marius, Sacha Baron Cohen dan Helena Bonham Carter sebagai pasangan suami-istri Thénardier, serta Samantha Barks sebagai Éponine.

Film yang bercerita tentang Presiden Amerika Serikat Abraham Lincoln ini diadaptasi dari sebuah buku biografi karya Doris Kearns Goodwin yang berjudul Team of Rivals: The Political Genius of Abraham Lincoln. Lincoln adalah film drama historis yang disutradarai oleh Steven Spielberg. Naskah film ini ditulis oleh Tony Kushner dan Paul Webb berdasarkan buku Team of Rivals karya Doris Kearns Goodwin. Film ini dibintangi oleh Daniel Day-Lewis, Tommy Lee Jones, Joseph Gordon-Levitt, Jared Harris, Jackie Earle Haley, David Strathaird, dan Sally Field.

Film Lincoln ini bercerita tentang bulan-bulan terakhir dalam hidup Abraham Lincoln (Daniel Day-Lewis) memfokuskan diri pada perannya sebagai seorang presiden yang memiliki misi untuk menghapuskan perbudakan. Lincoln yang menyadari bahwa usahanya untuk menghapuskan perbudakan dapat berubah menjadi sia-sia setelah akhir Perang Saudara memutuskan bahwa perjuangannya untuk membebaskan para budak harus dilalui melalui dukungan konstitusi.

Film Life of Pi adaptasi buku karya Yann Martel ini dinominasikan sebagai film terbaik, sutradara terbaik, skenario adaptasi terbaik, sinematografi terbaik, musik orisinal terbaik. Film yang disutradari oleh Ang Lee, bercerita tentang petualangan seorang remaja, Piscine ‘Pi’ Patel, di lautan lepas ketika kapal yang ditumpanginya tenggelam. Ia terkatung-katung, antara lain, bersama seekor harimau Bengali buas bernama Richard Parker.

Zero Dark Thirty bukan film perang ataupun film berbau politik. Film arahan Kathryn Bigelow yang sempat mengundang kontroversi ini adalah film rekontruksi dari perburuan untuk meringkus pemimpin Al Qaeda, Osama bin Laden. Tokoh sentral di film ini adalah Maya, sesosok agen CIA muda yang belum pernah menangani kasus besar yang diperankan oleh Jessica Chastain.

Film bergenre action thriller ini menggambarkan secara grafis petugas CIA berulang kali menyiksa tahanan, yang kemudian memberikan informasi penting untuk menuntun ke persembunyian Osama. Hingga akhirnya penyerangan ke tempat persembunyian pimpinan tertinggi Al Qaeda tersebut disetujui oleh Presiden AS, Barack Obama.

Lantas film manakah yang akan menjadi jawara Piala Oscar 2013? Argo, Les Miserables, Lincoln,  Life of Pi atau Zero Dark Thirty? Kita tunggu saja nanti tanggal 24 Februari 2013. (Risma)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: