Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Tips Bepergian Menggunakan Angkutan Umum

29

doc: issaura.wordpress.com
doc: issaura.wordpress.com

Jakartakita.com: Sebagian dari Anda mungkin ada yang terbiasa kemana-mana menggunakan kendaraan umum. Kendaraan umum memang praktis dan murah. Anda tidak perlu capek-capek berkendara, atau bingung cari parkir. Anda cukup duduk manis dan biarkan si supir mengantar ke tempat tujuan. Ongkosnya pun murah meriah.

Walau tak bisa dipungkiri kejahatan di angkutan umum,  belakangan mulai marak. Hal ini membuat mereka yang terbiasa naik angkutan umum lebih memilih mengendarai mobil atau motor sendiri. Tentu saja hal ini semakin memperparah kemacetan.

Tak ada salahnya, bagi Anda yang terbiasa menggunakan kendaraan pribadi mencoba bepergian menggunakan angkutan umum. Asal Anda mengetahui tipsnya, bepergian menggunakan angkutan umum tidak se-menyeramkan dan merepotkan yang Anda bayangkan.

Berikut adalah tips yang harus diperhatikan saat bepergian menggunakan angkutan umum:

·         Pastikan Anda mengetahui nomor trayek dan tujuannya agar tidak tersesat. Jangan malu bertanya jika Anda tidak tahu.

·         Hindari memakai dan memperlihatkan barang berharga di depan umum, seperti perhiasan dan ponsel.

·         Pakailah baju yang sopan dan tertutup.

·         Selektif memilih angkutan umum. Jangan naik bus/angkot jika hanya Anda seorang penumpangnya, atau Anda satu-satunya perempuan di sana, pilih angkot dengan kaca jendela yang bening, berseragam, ada ID Card, dan lampu penerangan di dalamnya.

·         Hindari tidur di dalam angkutan umum, hindari menerima makanan dan minuman dari orang yang tidak dikenal. Selain itu, tetap waspada terhadap penumpang lainnya. Jika ada tanda-tanda mencurigakan, segeralah turun di tempat aman.

·         Lebih baik ada seorang teman yang mendampingi saat naik angkot/bis, terutama pada malam hari.

·         Jika merasa tidak beres dengan supirnya, sebaiknya langsung minta turun atau teriak minta tolong, jika supir tidak mau berhenti.

·         Jika penumpang mendapati kejadian/tindakan kejahatan di angkutan umum segera laporkan kepada kepolisian terdekat atau menghubungi TMC Polda Metro Jaya di nomor  021 5276001  atau SMS 1717.

Nah, sekarang Anda bisa bepergian dengan nyaman menggunakan angkutan umum. Jangan lupa siapkan juga vitamin neurotropik Neurobion Tablet Putih dalam tas Anda untuk mengatasi pegal-pegal selama naik turun angkot/bis.  (Risma) .

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: