Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Festival Pasar Rakyat Lambocca Diramaikan Berbagai Acara

233

Foto 1Jakartakita.com – Bertempat di Pasar Lambocca Kabupaten Bantaeng, Senin (27/4/2015), Festival Pasar Rakyat mencakup berbagai kegiatan seperti lomba masak antarpedagang, lomba melukis tong sampah untuk pelajar, panggung hiburan rakyat dan bazaar UMKM lokal.

Khusus membahas warisan kuliner, Bara Pattiradjawane seorang chef yang lebih senang dikenal dengan sebutan “Super Cook” hadir bersama Pemerhati Kuliner, Arie Parikesit, sebagai relawan yang setia kepada pasar rakyat. Handoko Hendroyono seorang pekerja kreatif yang baru saja menjadi produser sebuah film layar lebar berjudul “Filosofi Kopi” turut hadir untuk menggali potensi kopi lokal Bantaeng yang memiliki cita rasa yang khas.

Komponen “Hijau” pada program Pasar SEJAHTERA (Sehat, Hijau, Bersih, Terawat) ditunjukkan pedagang pasar Lambocca melalui aksi peduli lingkungan dengan membuat 200 lubang biopori sebagai sumur serapan di dalam pasar. Lubang biopori ini berguna untuk mengurangi genangan air yang sering kali timbul akibat hujan maupun sebagai persedian air dalam tanah di kala musim kering tiba. Para pedagang pun menuai pujian dari Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Pertambangan dan Energi, Andi Mappatoba, karena kegiatan semacam ini baru pertama kali dilakukan namun mampu mencapai 200 lubang  biopori.

“Kampanye nasional untuk pasar rakyat merupakan bagian dari rangkaian kegiatan untuk menyebarluaskan pesan sosial bahwa pasar adalah salah satu ruang publik tempat interaksi sosial Bangsa Indonesia yang harus terus kita kembangkan dan jaga. Salah satunya buktinya di pasar kita pun bisa menggelar acara talk show,” kata Ketua dan Direktur Eksekutif Yayasan Danamon Peduli, Restu Pratiwi.

Untuk Festival Pasar kali ini, Danamon Peduli memilih tema ‘Menghidupkan Pasar Rakyat’ dengan Kreativitas dengan Bupati Bantaeng, M Nurdin Abdullah, sebagai narasumber. Talk show ini turut dihadiri para blogger dari Kompasiana.  “Jadi apapun bentuk kreativitasnya bisa kita lakukan di pasar, tidak terbatas di mal saja,” kata Restu.

Kemitraan untuk pasar rakyat telah dibuktikan dengan bergabungnya Kompasiana, Kecap Bango, Kelana Rasa, Pulpen PILOT dan MP Pro pada kegiatan Festival Pasar Rakyat. Saling mengisi dengan keahlian masing-masing perusahaan namun menjadikannya satu kekuatan bersama untuk kemajuan pasar rakyat. Ke depannya Festival Pasar Rakyat diharapkan menjadi sebuah kegiatan rutin atau kalendar acara di pasar rakyat.

Untuk tahun 2015, Danamon dan anak perusahaan melalui Danamon Peduli berkomitmen mengalokasikan dana lebih dari Rp 4,8 miliar untuk program Pasar SEJAHTERA yang tersebar di beberapa wilayah di Indonesia.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

IndonesianEnglishDutchChinese (Simplified)Malay
%d bloggers like this: