Take a fresh look at your lifestyle.

Daya Saing Pariwisata Indonesia di Tingkat Global Ditargetkan Ranking 30 Dunia

0 1,147
Dieng-Cultural-Festival - pariwisata indonesia
foto : istimewa

Jakartakita.com – Berdasarkan laporan World Economic Forum (Travel and Tourism Competitiveness Report) yang dilansir pada Mei 2015 lalu, posisi pariwisata Indonesia kini berada di ranking 11 secara regional dan ranking 50 besar dunia, dari semula ranking 70.

Kenaikan itu didorong naiknya sejumlah indeks seperti daya saing harga dari ranking 9 menjadi posisi 3. Begitu pula indeks infrastruktur seperti air transport infrastructure berada di ranking 39 dari sebelumnya posisi 54. Sedangkan indeks cultural resources and business travel meningkat dari posisi 38 menjadi 25.

Meski rangkingnya meningkat, posisi Indonesia masih kalah di bandingkan dengan negara tetangga Singapura, Malaysia dan Thailand yang masing-masing berada di rangking 11,25, dan 35 dunia.

Menyikapi hal tersebut, Menteri Pariwisata, Arief Yahya mengaku optimis untuk meraih peringkat lebih tinggi lantaran melihat perbaikan dalam sejumlah indikator penilaian. Antara lain, masalah harga dan prioritas kebijakan bidang pariwisata.

Related Posts
1 daripada 6,561

“Kementerian Pariwisata menargetkan bisa menaikkan daya saing pariwisata Indonesia di tingkat global dan menduduki ranking 30 dunia pada 2019,” kata Arief di Jakarta, Senin (8/6/2015).

“Indikator yang selama ini menjadi kelemahan kita juga sudah mulai membaik, seperti infrastruktur pariwisata, infrastruktur ICT, serta masalah kesehatan dan higenitas lingkungan,” sambungnya.

Agar mampu mencapai target ranking 30 besar dunia, menurut Arief, kelemahan pariwisata harus segera diperbaiki, seperti infrastruktur pariwisata, infrastruktur ICT, health and hygiene, dan aksesibilitas yang meliputi masalah konektivitas, kapasitas kursi dan penerbangan langsung.

Selain itu, kekuatan pariwisata yakni kekayaan budaya juga harus ditingkatkan lewat penyelenggaraan event yang menonjolkan kekayaan budaya.

Seperti diketahui, Indonesia memiliki kekayaan budaya yang luar biasa berlimpah. Adapun event pariwisata yang menonjolkan budaya yang kerap kali digelar, di antaranya; Festival Danau Toba, Festival Danau Batur, Festival Budaya Dieng, Festival Lembah Baliem dan yang akan digelar dalam waktu dekat, yakni Festival Sriwijaya.

 

Tinggalkan komen