Take a fresh look at your lifestyle.

SML Technologies Gandeng UI Bangun Riset Center

0 935
sml technologies - ui
foto : istimewa

Jakartakita.com – Pada hari Senin (6/7/2015) bertempat di Fakultas Teknik Elektro Universitas Indonesia, Depok – Jawa Barat, berlangsung peresmian joint innovation research center antara PT. SML Technologies bekerjasama dengan Fakultas Teknik Elektro Universitas Indonesia.

Joint innovation research center ini memiliki tujuan sebagai salah satu sarana untuk membangun kultur riset (penelitian) baik bagi PT SML Technologies sendiri maupun untuk Departemen Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Indonesia (DTE-FEUI), agar dapat menghasilkan ide-ide yang dapat dikomersialisasikan untuk industri terkait dengan bisnis telekomunikasi dan informasi serta membangun environment test untuk teknologi baru.

“Perusahaan kami sejak awal punya niat untuk creating future. Dan untuk mendukung upaya creating future tersebut, base-nya adalah riset. Kami juga menyadari bahwa selama ini kultur riset di Indonesia masih sangat kurang. Oleh karena itu, sesuai dengan visi dan misi perusahaan, kami berusaha mendorong agar kultur riset ini dapat terus dibangun,” ujar Shiftyanto, Deputy CEO PT SML Technologies, di sela-sela acara peresmian di Gedung Mochtar Riyadi, Plaza Quantum (MRPQ), Departemen Teknik Elektro, Fakultas Teknik Universitas Indonesia.

“Untuk tahap awal investasinya Rp2,5 miliar. Kerjasama ini berlangsung selama 5 tahun,” sambungnya.

Lebih lanjut dijelaskan, dalam kerjasama ini, PT. SML Technologies berkontribusi menyediakan sarana penunjang yang diperlukan untuk melakukan penelitian yang dimaksud, beserta dengan staff yang ditugaskan khusus untuk bekerja secara penuh dilingkungan DTE-FEUI dan menyediakan pembiayaan operasional yang diperlukan untuk melakukan penelitian yang dimaksud.

Related Posts
1 daripada 6,606

Adapun DTE-FEUI menyediakan fasilitas ruangan bagi PT SML Technologies untuk menunjang subyek penelitian dengan menyediakan dosen-dosen yang berpengalaman dan ahli di bidangnya, serta membuka akses kesempatan bagi mahasiswa untuk berpartisipasi dan berkontribusi dalam program ini bersama-sama dengan PT SML Technologies.

Gunawan, Kepala Departemen Teknik Elektro UI mengatakan, upaya yang dilakukan PT SML Technologies sangat baik dalam mendorong budaya riset di Indonesia serta dalam menyikapi sengitnya persaingan di era Masyarakat Ekonomi ASEAN. Menurutnya, kampus dan industri mesti bersinergi agar tidak terjadi gap kebutuhan dan keinginan pasar.

“Diharapkan lebih banyak lagi perusahaan lain yang melakukan hal serupa,” katanya.

Benny Ranti, Ketua Komite ICT KADIN Pusat yang turut hadir dalam kegiatan tersebut menambahkan, upaya yang dilakukan PT SML Technologies sangat baik dan perlu dilakukan banyak perusahaan lain di Indonesia. Pasalnya, selama ini Indonesia tidak memiliki fokus dalam membangun teknologi.

“Jika dibanding negara-negara lain, misalnya Tiongkok yang fokus di industri hardware ataupun India yang fokus di industri software, Indonesia ini ngga jelas mau fokusnya dimana?” paparnya.

Sementara itu, dalam kegiatan peresmian joint innovation research center juga dilakukan pemberian penghargaan kepada instansi dan perorangan yang selama ini berkontribusi kepada Fakultas Teknik UI.

 

Tinggalkan komen